Berita  

BBKSDA Riau Berhasil Melepasliarkan 4.156 Satwa di Tahun 2020

BBKSDA Riau Berhasil Melepasliarkan 4.156 Satwa di Tahun 2020
Pelepasliaran harimau sumatera. Foto: Dok. BBKSDA Riau

Gardaanimalia.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau baru saja merilis jumlah satwa dilindungi yang berhasil dilepasliarkan sepanjang tahun 2020. Sekitar 4156 satwa telah dikembalikan ke alam.

Mengutip dari laman Riau Online pada Selasa (5/1/2021), ribuan satwa tersebut berasal dari evakuasi, serahan dari masyarakat, maupun sitaan BBKSDA Riau, Gakkum, dan Polda Riau.

Satwa burung ciblek (Prinia familiaris) menjadi spesies yang paling banyak dilepasliarkan untuk kategori aves. Menurut data, ada 2215 ekor burung ciblek yang berhasil diselamatkan dan dikembalikan ke habitatnya di alam. Seluruh burung itu didapatkan dari operasi yang dilakukan oleh KSDA Riau dan Gakkum.

Baca juga: BKSDA Sulawesi Tenggara Selamatkan Hiu Paus yang Terdampar

Selain itu, ada juga 350 ekor burung kacamata (Zosteropidae) yang dilepasliarkan. Burung itu merupakan hasil sitaan Polisi Hutan BBKSDA Riau. Sebayak 343 ekor burung gelatik batu kelabu (Parus major) juga telah dilepasliarkan.

Tidak hanya burung, BBKSDA juga melepasliarkan satwa lainnya di antaranya lima kucing hutan (Prionailurus planiceps), empat kukang (Nycticebus), dua beruang madu (Helarctos malayanus), dan 138 ekor belangkas (Limulidae). Di akhir tahun, tepatnya di bulan Desember, seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang dulu ditemukan saat terkena jerat juga dipulangkan ke rumahnya di hutan.

BACA JUGA:
Tiga Harimau Sumatera Terekam Kamera, BKSDA Pasang Box Trap
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments