BBKSDA Sumut Lepasliarkan Trenggiling Jelang HCPSN 2021

  • Share
Sepasang induk dan anak trenggiling dilepasliarkan oleh BBKSDA Sumatera Utara jelang peringatan HCPSN. | Foto: Dok. BBKSDA Sumut
Sepasang induk dan anak trenggiling dilepasliarkan oleh BBKSDA Sumatera Utara jelang peringatan HCPSN. | Foto: Dok. BBKSDA Sumut

Gardaanimalia.com – Jelang Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) pada 5 November mendatang, BBKSDA Sumatera Utara lepasliarkan 2 ekor trenggilingMinggu (31/10) di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, Sumut.

Humas BBKSDA Sumut, Handoko Hidayat mengatakan bahwa dua ekor satwa langka tersebut merupakan hasil serahan warga.

“Kedua satwa liar dilindungi ini diserahkan oleh warga kepada lembaga konservasi binaan BBKSDA Sumut, Medan Zoo pada Sabtu 30 Oktober 2021. Kemudian pihak pengelola Medan Zoo menginformasikannya ke kita,” ungkap Handoko, Rabu (3/11) siang.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, petugas mengevakuasi trenggiling (Manis javanica) padaMinggu (31/10) dan diterima langsung oleh Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Amenson Girsang, SP.

Pada hari yang sama, kedua trenggiling yang diketahui merupakan anak dan induk tersebut akhirnya langsung dibawa ke TWA Sibolangit untuk dilepasliarkan.

“Karena keduanya menikmati kebebasan saat dilepasliarkan petugas BBKSDA Sumut di habitatnya di kawasan TWA Sibolangit,” tutur Samuel Siahaan, SP, Pengendali Ekosistem Hutan BBKSDA Sumut.

Pelepasliaran trenggiling tersebut tentunya menjadi momen spesial jelang peringatan HCPSN tahun ini, ungkap Samuel melalui keterangan tertulis,

Samuel pun mengajak masyarakat untuk ikut peduli dalam melindungi dan menjaga kelestarian satwa liar, salah satunya dengan cara menginformasikan atau menyerahkan satwa liar dilindungi kepada petugas BBKSDA Sumut untuk kemudian dilepasliarkan ke habitatnya.

“Melalui peran serta warga ini diharapkan keberlangsungan hidup dan populasi dari satwa liar dapat terus terjaga dan lestari,” tutupnya kepada media.

BACA JUGA:
Pedagang Satwa Dilindungi Hanya Divonis 10 Bulan Penjara
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments