BKSDA Jember Melepasliarkan Puluhan Ekor Monyet Ekor Panjang

  • Share
BKSDA Jember Melepasliarkan Puluhan Ekor Monyet Ekor Panjang
BKSDA Jember bersama JAAN melepasliarkan puluhan monyet ekor panjang. Foto: Grafikanews.com

Gardaanimalia.com – BKSDA Jember Wilayah III dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) melepasliarkan 40 ekor monyet ekor panjang dan 4 ekor ular phyton di Suaka Margasatwa di Kabupaten Barong, Jember, Jawa Timur pada hari Kamis (07/10/2021).

“Hari ini kami melepasliarkan monyet ekor panjang dan ular phyton yang merupakan hasil rampasan dan penyerahan dari masyarakat serta dari pengamanan monyet yang akan dikirim ke Kalimantan.” papar Wiwied Widodo selaku Kepala BKSDA Wilayah III Jember.

Ia menjelaskan bahwa sejumlah satwa liar tersebut telah melalui proses karantina selama dua tahun. Proses ini terdiri dari sejumlah rangakaian yang menilai perilaku satwa dan pemeriksaan kesehatan.

“Proses tersebut dilakukan untuk memastikan satwa yang dilepasliarkan mampu bertahan di alam bebas dan bertemu dengan koloninya, sehingga mereka bisa beradaptasi secepatnya dan berkembang biak,” tuturnya.

Aktivitas pelepasliaran ini juga dilakukan untuk memperingati Hari Satwa Sedunia. Menurut Wiwied, aktivitas tersebut merupakan dukungan akan kebebasan satwa di habitatnya.

Bupati Jember, Hendy Siswanto beserta wakilnya yaitu M. Balya Firjaun Barlaman juga menghadiri kegiatan pelepasliaran satwa di Pulau Nusa Barong ini. Hendy menjelaskan Pemkab Jember memiliki keinginan untuk mengelola Pulau Nusa Barong agar dapat menjadi suaka margasatwa serta sarana edukasi bagi masyarakat.

“Tentunya dengan sederet persyaratan untuk diizinkan ke Pulau Nusa Barong dan jangan sampai mengganggu karena itu kawasan yang dilindungi. Pemkab Jember juga ingin sekali mengelola Pulau Nusa Barong ini untuk sarana edukasi satwa liar kepada anak-anak kita semua.” tambahnya.

Setelah dilakukan pelepasliaran, BKSDA Jember masih tetap harus melakukan monitoring untuk memastikan semua satwa yang dilepasliar sehat dan tidak ada yang terluka.

BACA JUGA:
Berjualan Satwa Dilindungi di Facebook, 3 Warga Jatim Ditangkap Polisi
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments