Berita  

BKSDA Resort Bangka dan Alobi Foundation Melepasliarkan 6 Satwa

BKSDA Resort Bangka dan Alobi Foundation Melepasliarkan 6 Satwa
Ilustrasi kukang (Nycticebus Bancanus). Foto: Wikipedia/Gunay M.E.

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bangka dan Animal Lovers Bangka Island (Alobi) Foundation melepasliarkan empat ekor kukang lokaliti Bangka Belitung (Nycticebus Bancanus) dan dua musang pandan (Paradoxurus hermaphroditus). Pelepasliaran satwa ini rencananya dilaksanakan hari ini, Kamis (21/1/2021) di salah satu kawasan hutan lindung di daerah Bangka Selatan.

Menurut Langka Sani, Ketua Alobi Foundation, keenam satwa yang akan dirilis kembali ke alam sudah menjalani berbagai prosedur hingga akhirnya dinilai layak untuk dikembalikan ke habitatnya di alam bebas. Baik musang maupun kukang sebelumnya sudah melewati masa rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi yang berada di Bangka.

“Ini kami lakukan dalam menyambut hari primata Indonesia,” kata Langka Sani seperti dikutip dari laman iNews, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Benih Lobster Senilai Rp 40,5 Miliar Ditinggalkan Pemiliknya di Jembatan

Ketua Alobi Foundation menambahkan bahwa seluruh satwa yang dilepasliarkan adalah serahan dari masyarakat dan ada juga yang merupakan titipan BKSDA. Ia mengungkapkan rasa syukurnya karena sekarang masyarakat sudah mulai sadar dan memiliki kepedulian terhadap satwa dilindungi.

Ini bukanlah kegiatan pelepasliaran satwa pertama yang dilakukan oleh Alobi Foundation. Langka Sani mengatakan sudah ada 7.079 satwa yang berhasil dilepasliarkan sejak tahun 2014. Ia menyampaikan akan terus melakukan upaya ini.

“Ini akan terus kami lakukan, demi menjaga kelestariannya. Hingga anak cucu kita nanti masih bisa melihat satwa-satwa ini,” jelasnya.

BACA JUGA:
Harimau Sumatera Dilaporkan Berkonflik di Tapaktuan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments