BKSDA Sumbar Resor Agam Evakuasi Buaya Tangkapan Warga

  • Share
BKSDA Sumbar Resor Agam Evakuasi Buaya Tangkapan Warga
Buaya muara di Pasaman Barat. Foto: BKSDA Sumbar Resor Agam

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Agam mengevakuasi pada buaya muara (Crocodylus porosus) hasil tangkapan warga di sekitar Sungai Batang Sikabau Kabupaten Pasaman Barat. Buaya muara itu ditangkap pada Senin (26/07/2021). Penangkapan yang dilakukan oleh warga menggunakan peralatan seadanya.

Setelah penangkapan buaya berhasil dilakukan, warga membawa reptil tersebut ke kantor Polsek Lembah Malintang di Ujung Gading untuk diamankan.

“Setelah berhasil ditangkap, selanjutnya satwa itu dibawa dan diamankan dikantor Polsek Lembah Malintang di Ujung Gading,” ucap tim BKSDA Sumbar Resor Agam.

Baca juga: Satwa Dilindungi Dijual Terbuka di Pasar Burung Pramuka

Kemudian polisi melaporkan pada BKSDA terkait penemuan buaya muara oleh warga. Saat ini buaya muara tersebut berada di kantor BKSDA Sumbar Resor Agam untuk dilakukan observasi.

Adanya konflik buaya muara memang kerap terjadi di Pasaman Barat dikarenakan berkurangnya habitat buaya muara. Mengingat keterbatasan tempat bagi buaya muara untuk dilakukan rehabilitasi maka diperlukan penanganan khusus. Karena itu, BKSDA Sumatera Barat berharap adanya ketersediaan tempat agar buaya muara dapat dikembalikan ke alam.

BKSDA Sumatera Barat mengapresiasi terhadap upaya warga Pasaman Barat yang segera melaporkan kejadian konflik dan melakukan penyelamatan buaya muara.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments