BKSDA Sumbar Resort Tanah Datar Selamatkan 3 Binturong

  • Share
BKSDA Sumbar Resort Tanah Datar Selamatkan 3 Binturong
Binturong yang dievakuasi pada Juli 2021. Foto: PSL/Adi Prima

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melalui Resort Tanah Datar menerima seekor satwa dilindungi jenis binturong (Arctictis binturong) dari Dinas Pemadam Kebakaran Padang Panjang. Satwa dilindung tersebut sebelumnya merupakan peliharaan warga.

Satwa berjenis kelamin jantan itu diperkiran berumur 15 tahun dengan tinggi 1 meter dan berat sekitar 20 kg. Binturong tersebut diserahkan langsung oleh pihak Damkar Padang Panjang kepada BKSDA Sumbar yang diwakili oleh Eka Dharmayati, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II, di kantor Damkar Padang Panjang.

“Binturong ini akan diobservasi dan akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan,” ucap Eka Dhamayanti kepada Garda Animalia, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: Jenis Rusa dan Kijang Langka yang Hidup di Indonesia

Sampai periode Agustus 2021, ada tiga binturong yang diselamatkan oleh Resort Tanah Datar. Akhir bulan Juni, satu ekor bintorung di Nagari Batipuh Ateh digiring ke hutan konservasi setelah sempat muncul di permukiman dan ladang warga. Kemudian pada awal Juli lalu, petugas juga mengevakuasi satu binturong di Nagari Tanjung Alam yang masuk perangkap babi yang dipasang warga. Satwa yang diketahui berjenis berkelamin jantan itu sudah dilepasliarkan di kawasan konservasi Taman Wisata Alam Marapi pada Minggu (4/7/2021).

Berdasarkan Red List The International Union for Conservation of Nature (IUCN), binturong masuk dalam hewan dengan status vulnerable atau rentan dengan tren populasi yang terus menurun. Di Indonesia satwa ini juga termasuk dalam satwa yang dilindungi.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments