Berita  

Habitat Terhimpit Sawit, Orangutan Ditembak Bius di Permukiman

Anak orangutan yang dievakuasi tim SKW II Pangkalan Bun dan OF-UK, Senin (28/11). | Foto: HO-BKSDA SKW II Pangkalan Bun/Antara
Anak orangutan yang dievakuasi tim SKW II Pangkalan Bun dan OF-UK, Senin (28/11). | Foto: HO-BKSDA SKW II Pangkalan Bun/Antara

Gardaanimalia.com – Tim WRU BKSDA SKW II Pangkalan Bun bersama OF-UK berhasil mengevakuasi orangutan di Desa Pembuang Hulu 2, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Satwa tersebut berjumlah dua individu. Terdiri dari seekor induk berusia 17 tahun dan bayinya yang masih berusia tiga bulan berjenis kelamin jantan.

“Orangutan berhasil dievakuasi dari permukiman warga Desa Pembuang Hulu 2, Seruyan,” ujar Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi, Selasa (29/11).

Penyelamatan ini bermula saat tim WRU SKW II Pangkalan Bun menerima laporan dari staf SPTN 1 Taman Nasional Balai Tanjung Puting Pembuang, pada Sabtu (26/11).

Menurut staf SPTN itu, warga mendapati orangutan tengah menggendong anaknya. Satwa tersebut berada di permukiman warga di Desa Pembuang Hulu 2.

Berdasarkan laporan itu, tim SKW II langsung bergerak menuju lokasi pada Minggu pagi. Sekira pukul 13.30 WIB, tim berhasil mengevakuasi primata dengan cara tembak bius.

Dijelaskan pula, satwa dilindungi itu kerap terlihat oleh masyarakat sekitar. Warga mengkhawatirkan ada orang yang tidak bertanggung jawab melukai atau bahkan menembak sang primata.

Hasil pengamatan tim di lapangan mendapati bahwa habitat di sekitar Desa Derangga sudah tidak luas. Diduga akibat pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit.

“Dari pantauan tim di lapangan, hutan tempat habitatnya orangutan di sekitar lokasi Desa Derangga memang sudah tidak luas,” ungkapnya.

Lokasi itu, sebut Dendi, sudah dikelilingi kebun sawit, dan banyak pembukaan lahan sawit baru. Sehingga individu orangutan masuk ke desa dan permukiman warga.

Usai diamankan di SKW II Pangkalan Bun guna dilakukan pemeriksaan, pada Senin (28/11) kedua orangutan telah dilepaskan di area Margasatwa Lamandau.

BACA JUGA:
Seekor Beruang Ditemukan Mati Terkena Jerat
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments