11 Satwa Endemik Papua Diselamatkan dari Penyelundupan

  • Share
11 Satwa Endemik Papua Diselamatkan dari Penyelundupan
Kakatua raja yang diselundupkan di Sorong. Foto: Baleonews

Gardaanimalia.com – Upaya penyelundupan satwa liar kembali terjadi di Pelabuhan Sorong pada Sabtu (21/08/2021). Tim gabungan yang terdiri petugas Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong, anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Kota Sorong, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat mengamankan 11 ekor satwa liar endemik Papua.

“Diamankan oleh petugas saat melaksanakan pengawasan di kapal KM Ciremai yang sedang sandar di Pelabuhan Laut Sorong,” terang Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong, drh I Wayan Kertanegara.

Ia menyebut dari 11 satwa yang berhasil diselamatkan terdapat jenis yang dilindungi yakni tiga ekor burung kakatua raja (Probosciger aterrimus), empat ekor kakatua koki (Cacatua galerita), dan tiga ekor nuri bayan (Eclectus roratus). Satu satwa lainnya ialah jagal papua (Cracticus cassicus).

“Akan diselundupkan keluar Sorong via KM Ciremai,” imbuhnya.

Baca juga: Unik! Komodo Betina Dapat Bereproduksi Tanpa Satwa Jantan

Pengungkapan ini berawal ketika petugas mencurigai beberapa kardus yang hendak dinaikkan ke kapal oleh petugas TKBM. Kardus itu ditahan dan setelah diperiksa ternyata isinya satwa liar endemik Papua.

Melihat maraknya penyelundupan yang terjadi, I Wayan Kertanegara mengimbau masyarakat agar menjaga kekayaan sumber daya alam dengan tidak berburu maupun melakukan perdagangan ilegal.

“Mengingat sifatnya yang tidak dapat diganti dan mempunyai kedudukan serta peranan penting bagi kehidupan manusia, maka upaya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya adalah kewajiban tiap generasi,” tegasnya seperti dikutip dari laman Kumparan.

Seluruh satwa yang berhasil diamankan nantinya akan dilepasliarkan ke habitatnya di alam.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments