BBKSDA Papua Lepasliarkan Sanca Hijau dan 9 Satwa Hasil Sitaan

  • Share
BBKSDA Papua Lepasliarkan Sanca Hijau dan 9 Satwa Hasil Sitaan
Pelepasliaran satwa oleh BBKSDA Papua. Foto: KLHK

Gardaanimalia.com – Pada Selasa (1/7/2021), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melepasliarkan sejumlah satwa. Ada lima ekor sanca hijau (Morelia viridis), satu ekor sanca cokelat bibir putih (Leiphyton albertisii), satu ekor ular boiga coklat (Boiga irregularis), satu ekor nuri bayan (Eclectus roratus), dan dua ekor kadal panana (Tiliqua scincoides).

Untuk diketahui, nuri bayan dan sanca hijau merupakan jenis satwa dilindungi menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.106/MENLKHK/SETJEN/KUM.I/12/2018.

“Kegiatan pelepasliaran satwa merupakan upaya konservasi tumbuhan dan satwa liar, terutama endemik Papua,” jelas Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua, Edward Sembiring, seperti dikutip dari laman Suara.

Baca juga: Sering Jadi Hewan Uji Coba, Bagaimana Kesejahteraan Monyet?

Sebelum dilepaskan di daerah Pasir 6 yang merupakan wilayah kerja Resort Ravinerara, kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, seluruh satwa sudah menjalani serangkaian proses pemeriksaan. Dokter hewan dari BBKSDA Papua juga sudah memastikan bahwa seluruh satwa dalam kondisi sehat dan siap untuk kembali ke habitat alaminya.

“Pelepasliaran di lokasi tersebut adalah salah satu bentuk dukungan masyarakat adat terhadap upaya konservasi alam di Papua,” imbuh Edward.

Dalam kesempatan itu, Edward juga mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan satwa liar sebagai wujud nyata upaya konservasi.

Sementara itu, menurut Lusiana Dyah Ratnawati yang merupakan Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan BBKSDA Papua, sembilan satwa yang dilepasliarkan berasal dari serahan Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura. Satwa itu merupakan hasil pengamanan yang dilakukan pada bulan November 2019 hingga Mei 2021 di Bandar Udara Theys Uluai-Sentani, Jayapura. Satu satwa lain yakni sanca hijau berasal dari penyerahan BKSDA Jakarta pada 29 Juli 2020 silam.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments