Berita  

Beginilah Penampakan Babirusa Maluku yang Selama Ini Dianggap Mitos Belaka

Beginilah Penampakan Babirusa Maluku yang Selama Ini Dianggap Mitos Belaka
babi rusa (Babyrousa babyrussa). Foto: KLHK

Gardaanimalia.com – Seekor babirusa (Babyrousa babyrussa) berhasil terekam kamera trap milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku. Satwa langka itu muncul di kawasan Suaka Alam Masbait, Pulau Buru, Maluku. Berita ini disampaikan melalui akun instagram resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Sabtu (17/7/2021).

Ini merupakan momen langka mengingat beberapa survei sebelumnya tidak berhasil mendapatkan gambar satwa ini. Pada tahun 1995 misalnya, peneliti hanya bisa menemukan jejaknya saja. Lalu, pada tahun 1997 ada penemuan tengkorak babirusa dari seorang pemburu di sekitar Gunung Kapalat Mada, Pulau Buru. Setelah temuan itu, Pulau Buru diyakini sebagai salah satu habitat babi rusa.

Pada tahun 2011 hingga 2013, BKSDA Maluku kembali melakukan survei intensif namun tidak ada bukti perjumpaan secara langsung. Karena itulah, keberadaan babi rusa di Pulau Buru dianggap hanya mitos belaka.

Baca juga: Mengenal Genus Corvus: Burung Gagak yang Cerdas dan Setia

Penelitian kemudian dilanjutkan lagi setelah adanya penemuan tengkorak dan tulang babirusa di kawasan Suaka Alam Masbait pada November 2019. BKSDA Maluku kemudian memasang beberapa kamera jebak pada April hingga Juni 2021 di tujuh lokasi untuk mengetahui keberadaan babirusa. Setelah diperiksa, dari 10 kamera yang dipasang ternyata hanya ada satu kamera saja yang tidak merekam babirusa.

Atas temuan ini, Kepala BKSDA Maluku, Danny H Pattipeilohu menegaskan pihaknya akan meningkatkan patroli pengamanan. Ia juga akan mengedukasi masyarakat. Kamera jebakan lain rencananya juga akan dipasang di beberapa lokasi lain yang menjadi habitat babirusa termasuk di Pulau Mangole dan Pulau Taliabu.

BACA JUGA:
Tanjung Maleo, Surga bagi Burung Momoa Bertelur Tanpa Henti
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments