Buaya Muara Sepanjang 4,5 Meter Ditangkap Warga Donggala

  • Share
Buaya Muara Sepanjang 4,5 Meter Ditangkap Warga Donggala
Buaya muara yang ditangkap warga di Donggala. Foto: Palu Poso

Gardaanimalia.com – Warga di Dusun 2, Desa Ogoamas 1, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menangkap seekor buaya muara (Crocodylus porosus) pada Sabtu (22/5/2021). Penangkapan yang dilakukan sekitar jam 17.00 WITA itu dibantu oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sojol.

Kanit Binmas Polsek Sojol, IPDA Saparuddin, mengatakan selama ini buaya air asin yang panjangnya kurang lebih 4,5 meter itu hidup di Sungai Merah. Karena dianggap meresahkan, warga memutuskan untuk memancing dan menangkap predator itu.

“Warga berinisiatif menangkapnya dengan umpan ayam satu ekor dan jaring untuk menutup taringnya,” terangnya.

Sebelumnya, warga juga sudah menangkap seekor buaya muara. Kedua hewan dilindungi itu sekarang sudah diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Sulawesi Tengah yang berada di Palu.

Baca juga: Jadi Korban Perdagangan, Sepasang Orang Utan Alami Stres dan Cacingan

Saparuddin mengimbuhkan, diperkirakan ada kurang lebih 100 ekor buaya yang mendiami Sungai Merah di Desa Ogoamas itu. Sejak tahun 2020, sudah ada dua orang warga yang meninggal akibat diterkam oleh buaya di lokasi tersebut.

“Sungai itu jadi sumber air masyarakat. Anak-anak dusun setempat juga biasa mandi di tempat itu,” tuturnya.

Sebelumnya pihak BKSDA Sulawesi Tengah telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati ketika beraktivitas dan sebaiknya menjauhi area tempat buaya sering muncul. Petugas juga memasang peringatan di tempat-tempat yang rawan.

Dosen Managemen Sumber Daya Perairan Fakultas Peternakan dan Perikanan Tadulako, Fadly Y. Tantu, menyampaikan bahwa konflik buaya muara dan manusia di Palu terjadi karena hilangnya habitat. Sebagaimana dikutip dari Laman Kompas, Fadly mamparkan pembangunan pemukiman dan tanggul telah menghilangkan tempat hidup buaya.

BACA JUGA:
LIPI: Pemusnahan Satwa Liar Dianggap Bukan Solusi Kendalikan Virus Corona
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments