Berita  

Damkar Evakuasi Ular Sanca dari Permukiman Warga Kuningan

Ular sanca sepanjang 2,5 meter berhasil dievakuasi petugas Damkar Kabupaten Kuningan. | Foto: Andri Yanto
Ular sanca sepanjang 2,5 meter berhasil dievakuasi petugas Damkar Kabupaten Kuningan. | Foto: Andri Yanto

Gardaanimalia.com – Sejumlah petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melakukan evakuasi seekor ular sanca dari permukiman.

Reptil sepanjang 2,5 meter tersebut diketahui telah memakan ternak milik warga. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Khadafi Mufti selaku Kepala UPT Damkar Kabupaten Kuningan.

Ia menjelaskan, di kawasan tersebut memang kerap ditemukan ular sanca masuk permukiman. Bahkan, tak sedikit kasus ular yang memangsa ternak warga hingga mati.

“Petugas kembali mengevakuasi satu ekor ular sanca dari permukiman warga. Lokasinya berada di dekat kandang kambing milik Pak Yaman di Desa Buniasih, Kecamatan Maleber,” paparnya, Selasa (3/1/2023).

Peristiwa bermula saat salah seorang warga, Yaman, mendengar suara gaduh dari arah kandang angsa. Saat itu, Yaman akan memberi makan kambing. Yaman kemudian melihat ular tengah memangsa angsa miliknya.

“Saat itu Pak Yaman langsung memeriksa kandang angsa miliknya. Ternyata saat dilihat, ada satu ekor ular sanca yang sedang memangsa angka miliknya,” ujarnya.

Yaman kemudian meminta tolong tetangganya untuk menangkap satwa tersebut. Setelah berhasil ditangkap, binatang melata itu kemudian diserahkan ke pihak Damkar.

“Saat setelah ular ditangkap warga, akhirnya anggota kami menuju lokasi karena mendapat laporan. Petugas melakukan evakuasi terhadap ular tangkapan warga untuk diamankan di markas,” terang Khadafi.

Dia menjelaskan, warga menyerahkan hewan bersisik tersebut karena takut tidak mampu mengurusnya dan khawatir satwa akan mati.

Mereka membutuhkan bantuan Damkar agar ular tersebut dapat diselamatkan dan direlokasi ke tempat yang jauh dari permukiman warga.

“Jadi kami membantu untuk evakuasi ular sanca ke tempat yang lebih aman. Selain dapat memangsa hewan ternak, ular juga berpotensi membahayakan masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA:
Pengiriman Sisik Trenggiling, Daging celeng dan Kulit Ular Sanca Digagalkan Polisi

Saat ini, ular sanca tersebut telah diamankan oleh petugas Damkar untuk dilepasliarkan.

votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments