Dipelihara Selama 11 Tahun, Warga Serahkan Buaya Muara ke BKSDA Kalbar

  • Share
Dipelihara Selama 11 Tahun, Warga Serahkan Buaya Muara ke BKSDA Kalbar
Proses evakuasi buaya muara. Foto: Antara/Rudi

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat melalui Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang mengevakuasi seekor buaya muara (Crocodylus porosus). Butuh waktu kurang lebih tiga jam untuk mengevakuasi satwa ini.

Buaya milik warga Desa Goa Boma, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, itu sudah dipelihara sejak 2010 atau selama kurang lebih 11 tahun terakhir.Kepala SKW III Singkawang, Suparto, mengatakan buaya muara itu dievakuasi pada Rabu (17/3/2021). Setelah dievakuasi, buaya bernama Tesen tersebut kemudian dititipkan di Lembaga Konservasi Sinka Island Park Singkawang.

Baca juga: Temukan Hiu Totol Terdampar, Warga Langsung Mencincangnya

“Ayah dari pemilik yang merawat Tesen telah meninggal dunia, sehingga keluarga berinisiatif untuk menyerahkan satwa ini ke Balai KSDA Kalimantan Barat,” ujar Suparto.

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh warga yang selama ini merawat buaya tersebut, satwa dilindungi itu didapatkan dari membeli dari salah satu warga Kabupaten Mempawah. Saat dibeli, buaya muara itu masih anakan. Setelah sekian lama, buaya tersebut sudah tumbuh. Saat ini panjang buaya tersebut sekitar 2,5 meter dan beratnya kurang lebih 80 kilogram.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments