Berita  

Temukan Hiu Totol Terdampar, Warga Langsung Mencincangnya

Temukan Hiu Totol Terdampar, Warga Langsung Mencincangnya
Hiu paus yang terdampar. Foto: Berita Manado

Gardaanimalia.com – Warga Kampung Ngalipaeng I, Kecamatan Manganitu Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, menemukan hiu paus atau hiu totol (Rhincondon Typus). Mengutip dari laman Berita Manado, hiu paus tersebut ditemukan di wilayah perairan Kampung Ngalipaeng I. Kemudian, warga mencincang hewan dengan nama ilmiah Rhincondon Typus itu untuk dikonsumsi.

“Saya lihat itu ditangkap pada malam hari, kemudian langsung dipotong-potong oleh masyarakat,” kata Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tahuna Johanis Rio Madea.

Tahun menyesalkan tindakan warga ini. Terlebih lagi hewan yang mereka potong-potong itu masuk dalam jenis yang dilindungi.

“Itu (hiu totol) merupakan jenis satwa yang dilindungi dengan perlindungan penuh. Hal ini berdasarkan keputusan Menteri Kelautan Perikanan nomor 18 Tahun 2013 tentang penetapan perlindungan hiu paus,” imbuhnya.

Baca juga: Dianggap Tidak Akan Terancam, Populasi Monpai Semakin Menurun

Lebih lanjut, Madea mengatakan bahwa sebaran habitat hiu paus ada di perairan Indonesia secara umum. Hiu ini dapat dijumpai di perairan daerah Sabang, Situbondo, Bali, Nusa Tenggara, Alor, Flores, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Namun, ia menyayangkan hingga saat ini masih ada masyarakat yang tidak memahami bahwa hewan tersebut sudah hampir punah dan dilindungi.

Madea menambahkan bahwa sudah ada tim yang datang ke Kampung Ngalipaeng I untuk mengumpulkan informasi dan keterangan lebih lanjut. Pihaknya juga akan segera memberikan sosialiasi terkait satwa dilindungi utamanya jenis-jenis ikan yang dilindungi. Misalnya saja hiu totol, hiu martil, dan jenis hiu lainnya yang populasinya semakin menurun di alam.

BACA JUGA:
Temuan 7 Satwa Dilindungi, Bupati Langkat: Demi Tuhan Itu Titipan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments