Lagi, Dua Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Aceh

  • Share
Lagi, Dua Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Aceh
Gajah sumatera berjenis kelamin jantan ditemukan mati di area perkebunan di Kabupaten Pidie, Aceh. Foto: Antara/Joni Saputra

Gardaanimalia.com – Dua Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan mati di Aceh. Masing-masing satu ekor gajah liar di Kabupaten Pidie dan satu ekor gajah jinak di Kabupaten Bener Meriah.

Gajah liar berjenis kelamin jantan ditemukan mati di area perkebunan masyarakat di Desa Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie. Sementara gajah jinak milik Conservation Response Unit (CRU) Das Peusangan, Bener Meriah, bernama Arjuna, mati karena diserang kelompok gajah liar.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Aryanto mengatakan kematian dua gajah terjadi di dua waktu yang berbeda. Gajah Arjuna dilaporkan mati pada Sabtu (5/9) saat perawatan. Sedangkan, gajah liar dilaporkan mati pada Rabu (9/9).

Baca jugaKabur 4 Bulan, Dua Pembunuh Gajah Sumatra Akhirnya Tertangkap

“Arjuna meninggal dalam perawatan kami karena diserang oleh gajah liar. Dia terluka di bagian perut, punggung, telinga, dan kaki karena infeksi dan lukanya parah sehingga gajah itu tidak tertolong lagi,” jelasnya dilansir dari VOA indonesia.

Sementara untuk penanganan gajah liar, saat ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh masih menyelidiki penyebab kematian satwa langka dilindungi tersebut.

“Hingga saat ini tim medis dan kepolisian masih melakukan pengecekan lapangan dan nekropsi (bedah bangkai) untuk mengetahui penyebab kematian gajah tersebut,” ujar Agus.

Gajah liar tersebut diduga mati akibat terjerat kawat listrik yang dipasang warga untuk mengusir hewan babi agar tidak merusak tanaman milik warga setempat. Agus menuturkan ditemukan beberapa luka di bagian kaki gajah itu yang diduga tersangkut kawat.

BKSDA Aceh mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam khususnya satwa liar gajah Sumatera. Caranya dengan tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa; tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperdagangkan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup atau mati.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments