Berita  

Harimau Tidur di Perkebunan, Warga Minta BKSDA Turun Tangan

Ilustrasi gambar seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). | Foto: Fransisco Carolio/Antara
Ilustrasi gambar seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). | Foto: Fransisco Carolio/Antara

Gardaanimalia.com – Ada seekor harimau sumatera yang muncul di perkebunan warga di Kampung Blangtemung, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Seorang petani di Gayo Lues bernama Jack Gayo mengatakan, bahwa mereka merasa was-was saat pergi ke kebun sejak satwa endemik Pulau Andalas tersebut dilihat sering muncul.

“Kami khawatir dan ketakutan sejak harimau tersebut muncul dan berkeliaran di kebun. Bahkan, harimau tersebut sering tidur di bawah pondok kebun kami,” ungkap Jack Gayo, Sabtu (9/6) dilansir dari Antara.

Menurut penuturannya, Si Raja Rimba itu masuk ke hutan yang tak jauh dari perkebunan warga pada waktu pagi hingga sore hari.

Sementara, lanjut Jack Gayo, saat akan menjelang malam, satwa dilindungi tersebut kembali lagi (keluar hutan) dan bermalam di sekitar kebun warga.

Ia mengatakan, bahwa kehadiran harimau sumatera atau dalam bahasa ilmiah disebut Panthera tigris sumatrae itu diketahui telah berlangsung sejak sepuluh hari yang lalu.

Meskipun satwa liar tersebut tidak mengganggu petani, ungkapnya, namun mereka tetap merasa waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di kebun.

Sehingga, Jack Gayo pun mengharapkan adanya peran dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Kami meminta BKSDA Aceh turun tangan dan menangkap harimau tersebut. Sebab, jika tidak segera diusir, maka aktivitas petani dan masyarakat terganggu,” tandasnya.

Panthera tigris sumatrae adalah satwa yang hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.106 Tahun 2018, Sang Raja Rimba termasuk satwa yang dilindungi.

Jaminan perlindungan harimau sumatera dipertegas dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

BACA JUGA:
Pelaku Jual Beli Tulang Harimau dan Sisik Trenggiling Dibekuk saat Transaksi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments