Berita  

Heboh! Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Masuk Rumah Warga

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta berhasil melakukan evakuasi seekor ular sanca yang berada di salah satu rumah warga di Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Senin (9/5). | Foto: Tribun
Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta berhasil melakukan evakuasi seekor ular sanca yang berada di salah satu rumah warga di Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Senin (9/5). | Foto: Tribun

Gardaanimalia.com – Kemunculan ular sanca sepanjang empat meter di dalam rumah salah seorang warga Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, berhasil membuat heboh warga pada Senin (9/5).

Mengetahui informasi itu, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta pun melakukan evakuasi ular yang berada di langit-langit rumah warga tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat menyebut, ular dengan nama ilmiah Malayopython reticulatus itu masuk rumah warga bernama Suhardani.

Dirinya mengatakan, bahwa tim menerima laporan dari masyarakat terkait adanya ular di rumah Suhardani sekitar pukul 02.30 dini hari.

“Satu regu dari mako induk langsung diberangkatkan untuk mengevakuasi ular berwana cokelat, bercorak hitam dan kuning, dengan panjang empat meter itu,” jelas Octo, Senin (9/5) dilansir dari Tribun.

Setibanya tim di kediaman Suhardani, reptil yang juga dikenal dengan sanca kembang atau sanca batik tersebut tengah bertengger di langit-langit bagian dapur.

Tim pun melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan seperti grab hook, grab stick, dan sarung tangan pelindung, hingga akhirnya ular sanca berhasil dievakuasi.

“Nyaris tidak ada kendala berarti, karena kami juga dibantu warga masyarakat setempat. Tapi, memamg karena masih dini hari, penerangannya terbilang minim,” ungkap Octo.

Terkait peristiwa tersebut, dia mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa mewaspadai ancaman masuknya reptil ke dalam rumah.

Apabila menemui kejadian tersebut, lanjut Octo, diharapkan masyarakat tidak ragu untuk melakukan pelaporan melalui aplikasi terpadu Jogja Smart Service (JSS) atau call center.

“Segera laporkan ke kami kalau mendapati ular masuk ke dalam rumah. Demi keselamatan bersama, petugas kami siap datang melakukan evakuasi,” pungkasnya.

BACA JUGA:
BKSDA Minta Warga Biarkan Buaya Muara di Habitatnya
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments