Menjarah
Menjarah
Menjarah
Berita

Kandang Dibuka, 28 Burung Paruh Bengkok Dilepaskan

728
×

Kandang Dibuka, 28 Burung Paruh Bengkok Dilepaskan

Share this article
Burung paruh bengkok akhirnya dilepas ke alam liar. | Sumber: BKSDA Maluku/Instagram
Burung paruh bengkok akhirnya dilepas ke alam liar. | Sumber: BKSDA Maluku/Instagram

Gardaanimalia.com – Burung paruh bengkok dengan jumlah puluhan ekor dilepasliarkan ke kawasan hutan di Provinsi Maluku Utara, pada Minggu (26/11/2023) lalu.

Lepas liar 28 ekor burung tersebut dilangsungkan tepat di Desa Jikotamo, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

pariwara
usap untuk melanjutkan

Kegiatan tersebut diutarakan oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku lewat akun Instagram resminya pada Senin (4/12/2023).

Proses pengembalian satwa ke habitatnya dilakukan oleh petugas BKSDA Maluku melalui Seksi Konservasi Wilayah I Ternate Resort KSDA Bacan-Obi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Ternate Abas Hurasan menjelaskan dengan sangat rinci jenis satwa yang berhasil dikembalikan ke kawasan hutan.

Rincian burung paruh bengkok tersebut, yaitu 21 ekor nuri ternate (Lorius garrulus), 6 ekor nuri kalung-ungu (Eos squamata), dan 1 ekor bayan merah (Eclectus roratus).

Seluruh hewan dilindungi tersebut merupakan hasil penyerahan dari Balai karantina Pertanian Kelas II Ternate. Selain itu, ada juga yang berasal dari penyerahan masyarakat.

Terdapat pula burung yang diamankan oleh petugas Polhut (polisi kehutanan) di kandang transit Stasiun Konservasi Wilayah I Ternate.

Diketahui, burung dilindungi itu telah menjalani rehabilitasi antara tiga hingga tujuh bulan. Sampai pada akhirnya, satwa dinyatakan sehat dan layak dikembalikan ke habitatnya.

“Satwa burung tersebut telah diinapkan di kandang release untuk penyesuaian diri terhadap kondisi alam,” tulisnya.

BKSDA Maluku berharap, burung-burung paruh bengkok yang dilindungi tersebut dapat bertahan dengan baik dan semoga bisa berkembang biak di alam.

“Semoga burung-burung ini dapat survive dan berkembang biak di alam agar tetap lestari,” harapnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments