Konflik Harimau Terulang di Lokasi yang Sama di Bohorok

Konflik Harimau Terulang di Lokasi yang Sama di Bohorok
Tangkapan layar ketika harimau memangsa ternak. Foto: Dok. BBKSDA Sumut

Gardaanimalia.com – Konflik harimau kembali terjadi di Bohorok, Sumatera Utara. Dua lembu ternak warga Bohorok menjadi mangsa harimau. Kepada awak media, Ketua Seksi Wilayah II Stabat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Utara, Herbert P Aritonang, mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi pada Rabu (6/1/2020). Dua lembu yang dimangsa merupakan milik Zainuddin, warga Dusun Selayang, Desa Laudamak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

“Konflik ini termasuk kejadian berulang,” kata Herbert.

Namun, Herbert belum dapat memastikan apakah harimau yang memangsa lembu di awal tahun 2021 sama dengan harimau yang memangsa ternak di akhir tahun 2020 silam.

“Memang sampai sekarang hasil identifikasi kamera trap belum kita dapatkan, tapi lokasi ini berjarak 800 meter dari kejadian sebelumnya. Terakhir 25 Desember 2020, jadi dugaan kita, ini masih harimau yang sama,” paparnya seperti dikutip dari Detik News, Jumat (8/1/2020).

Baca juga: Diduga ‘Dibuang’ oleh Warga, Seekor Siamang Dievakuasi BBKSDA Sumut

Melihat konflik harimau yang masih terjadi, Herbert kembali mengimbau warga agar tidak lagi melepaskan ternak di dekat hutan. Ia juga meminta agar masyarakat tidak banyak berkegiatan di sekitar kawasan hutan terutama di malam hari.

“Kita juga mengimbau masyarakat mengurangi atau membatasi pergerakan ke dalam kawasan hutan terutama setelah gelap, jelang maghrib sampai subuh jangan masuk dulu, termasuk ternaknya dikandangi,” tuturnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, saat ini pihak BBKSDA dan mitra melakukan penjagaan di lokasi konflik. Perubahan pola peternak juga dapat membantu sebagai upaya mencegah konflik. Terlebih lagi, lokasi bangkai lembu yang ditemukan itu tidak jauh dari habitat harimau sumatera.

“Jadi lokasi kejadian ini 988 meter dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang memang habitat harimau Sumatera,” kata Herbert.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
8 months ago

[…] Baca juga: Konflik Harimau Terulang di Lokasi yang Sama di Bohorok […]