Memorakporandakan Dapur Warga, Gajah Diduga Mencari Makan

  • Share
Ilustrasi gajah sumatera di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS). | Foto: Ayat S Karokaro/goodnewsfromindonesia.id
Ilustrasi gajah sumatera Elephas maximus sumatrensis di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS). | Foto: Ayat S Karokaro/goodnewsfromindonesia.id

Gardaanimalia.com – Gajah dengan nama ilmiah Elephas maximus dilaporkan telah memorakporandakan dapur warga di Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Jumat (25/3).

Riskanadi, Kepala Desa Kampung Negeri Antara mengatakan, seekor gajah liar tersebut kedapatan mengobrak-abrik dapur milik Yusuf sekitar pukul 03.00 WIB.

Ia menuturkan, dapur Yusuf itu akhirnya berantakan dan mengalami kerusakan lantaran satwa dilindungi tersebut masuk ke sana.

Menurutnya, satwa dilindungi itu diduga datang untuk mencari makanan sehingga gajah endemik Sumatera tersebut hanya menyasar dapur milik warga.

Kemudian, Riskanadi menceritakan, berdasarkan keterangan pemilik rumah, bahan-bahan makanan yang ada di dapurnya seperti beras, garam, dan gula menjadi incaran satwa liar tersebut.

“Dinding dapur jebol, seluruh peralatan dapur berantakan. Sekarang pemilik rumah mengungsi sementara di rumah tetangganya,” ungkap Kepala Desa Kampung Negeri Antara, dilansir dari Republika.

Ia juga mengungkapkan, ketika satwa itu datang, sang pemilik rumah sempat meminta bantuan kepada para tetangganya.

Usai minta pertolongan, warga di sekitar rumah Yusuf pun turut membantu dengan membawa petasan untuk melakukan pengusiran terhadap satwa bertubuh besar tersebut.

Gajah sumatera termasuk dalam daftar satwa dilindungi menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Bukan hanya itu, satwa dengan nama ilmiah Elephas maximus juga masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN) atau lembaga internasional untuk konservasi alam.

Dalam IUCN sendiri, satwa endemik Pulau Sumatera tersebut memiliki status konservasi Endangered atau terancam punah.

Artinya, spesies gajah sumatera saat ini dikategorikan sebagai satwa yang sedang menghadapi risiko kepunahan di alam liar pada waktu dekat.

BACA JUGA:
Dua Warga Langsa Terancam Pidana Lantaran Jual Beli Tulang Gajah
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments