Berita  

Menyambut HUT RI, Seekor Bayi Gajah Lahir di Lembaga Konservasi

Gambar bayi dan induk gajah sumatera di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung. | Foto: Rasyid Ibransyah/Instagram
Gambar bayi dan induk gajah sumatera di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung. | Foto: Rasyid Ibransyah/Instagram

Gardaanimalia.com – Seekor bayi gajah sumatera berjenis kelamin jantan telah lahir di Lembaga Konservasi Taman Satwa Lembah Hijau, Minggu (7/8).

Pemilik Taman Satwa Lembah Hijau Lampung, Irwan Nasution mengatakan, gajah yang lahir pukul 07.24 WIB tersebut berasal dari pasangan Mega dan Aris.

“Alhamdulillah lahir kemarin sore dengan sehat, dan berat badan 102 kilogram dan panjang 98 sentimeter,” jelas¬†Irwan, Senin (8/8).

Selanjutnya, proses kelahiran bayi gajah berjalan dengan lancar. Dimulai pada pukul 07.15 WIB pembukaan dan keluar ketuban yang pertama.

“Pukul 07.24 WIB anaknya keluar. Jadi proses lahirnya lancar sangat cepat, cuman beberapa menit dengan total dibantu oleh lima orang.”

Menurut penuturannya, kelahiran bayi satwa bernama ilmiah Elephas maximus sumatrensis tersebut adalah pertama kali di Lembah Hijau Lampung.

Beberapa tahun lalu, lanjut Irwan, ketika lembaganya diberi kepercayaan untuk mengurus gajah oleh pemerintah melalui BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bengkulu.

“Sehingga kelahiran bayi gajah ini pertama kalinya di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung. Sejak 6 tahun lalu kami di beri kepercayaan,” tuturnya.

Gambar bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis). | Foto: Rasyid Ibransyah/Instagram
Gambar bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis). | Foto: Rasyid Ibransyah/Instagram

Adapun nama bayi gajah sumatera, Irwan menerangkan bahwa belum membuat panggilan untuk itu. Karena akan dibicarakan dulu dengan pemerintah.

“Akan diberikan nama siapa ini nanti mungkin akan koordinasi dengan pemerintah, sementara ini akan dirawat terlebih dahulu,” ujarnya.

Meskipun begitu, Irwan mengatakan sangat berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan kepercayaan untuk lembaga konservasinya.

“Ini adalah kado kami dari Lembah Hijau untuk hari gajah sedunia pada 12 Agustus besok, juga kemerdekaan RI yang ke-77,” ungkap Irwan.

Sementara itu, Kepala Seksi Wilayah III BKSDA Bengkulu Lampung, Hifzon Zawahiri mengapresiasi kelahiran gajah di lembaga konservasi.

BACA JUGA:
Ini Hasil Diagnosa Anak Gajah Sumatera yang Mati di KBS

Karena, menurut Hifzon, lahirnya bayi gajah sumatera di Taman Satwa Lembah Hijau tersebut merupakan kejadian yang langka.

“Ini juga merupakan upaya kita dalam hal konservasi tidak hanya di dalam kawasan, tapi juga ini di luar kawasan,” tutupnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments