Owa Ungko di Kandang Transit BBKSDA Riau Melahirkan

  • Share
Owa Ungko di Kandang Transit BBKSDA Riau Melahirkan
Induk dan bayi owa ungko. Foto: Antara

Gardaanimalia.com – Owa ungko (Hylobates agilis) bernama Sirin melahirkan seekor bayi di kandang transit satwa Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau pada Rabu (17/2/2021). Satwa berusia tujuh tahun tersebut diketahui diserahkan secara sukarela oleh pengungsi Rohingnya, Muhammad Yamin, pada tahun 2017 lalu.

Sirin melakukan perkawinan dengan awa ungko jantan bernama Jono di kandang transit yang merupakan tempat penampungan bagi satwa korban konflik dan sitaan dari masyarakat.

Menurut Suharyono, Kepala BBKSDA Riau, pejantan ungko sebenarnya sudah dititipkan di lembaga konservasi sejak bulan November 2020 lalu. Namun, kehamilan Sirin belum terdeteksi oleh petugas BBKSDA.

Baca juga: Dari 52 Paus Pilot yang Terdampar, Hanya 1 yang Selamat

“Kondisi induk dan anak ungko yang baru dilahirkan dalam keadaan sehat,” terang Suharyono.

Tim medis dan perawat satwa belum bisa mendeteksi jenis kelamin dari anak ungko karena induk yang terlihat protektif dan selalu menggendong bayinya. Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan ungko, petugas menambah asupan nutrisi dan porsi makanan satwa tersebut.

“Saat ini jumlah seluruh ungko yang masih dilakukan observasi di kandang transit Balai Besar KSDA adalah sebanyak 7 ekor. Ungko yang dinilai masih dapat survive di alam bebas akan dilepasliarkan ke habitatnya. Namun, untuk ungko yang sudah terlalu jinak akan dititipkan di lembaga konservasi”, imbuh Suharyono.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments