Penyelundupan Satwa di Bandara Kualanamu Berhasil Digagalkan

  • Share
Penyelundupan Satwa di Bandara Kualanamu Berhasil Digagalkan
Penyelundupan satwa di kualanamu. Foto: Tribun Medan

Gardaanimalia.com – Pihak keamanan Aviation Security (Avsec) Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, berhasil menyita puluhan satwa yang hendak diselundupkan ke Jakarta. Mengutip dari keterangan yang disampaikan oleh Komandan Avsec Bandara Kualanamu, Mira Ginting, pengungkapan ini dilakukan pada Rabu (3/3/2021) sekitar jam 02.00 WIB.

“Yang mengamankan Avsec RA (Regulated Agent) Kargo PT. Gatrans di terminal bukan oleh Avsec PT. AP II” ungkapnya sebagaimana dikutip dari laman Tribun Medan.

Ia juga menjelaskan bahwa data terkait satwa yang menjadi barang bukti sudah diambil alih oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara. Pihaknya belum mendapatkan informasi tambahan lagi.

Baca juga: Ular Phyton Mati Terpanggang Karena Kebakaran Hutan di Riau

Terpisah, Sumut Hotmauli Sianturi yang merupakan Kepala BBKSDA Sumut mengatakan bahwa penggagalan penyelundupan satwa ini dilakukan oleh Gakkum Sumatera. Namun, untuk saat ini ia belum bisa menyampaikan data apapun.

“Saya belum bisa menyampaikan datanya karena masih diolah datanya. Ada berapa banyak jumlahnya (satwa),” katanya.

Setelah upaya penyelundupan satwa ini terungkap, seluruh barang bukti langsung dibawa ke Markas Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Macan Tutul yang ada di Patumbak, Deli Serdang, Sumatera Utara. Menurut Hotmauli, sebagian besar burung yang akan diselundupkan tersebut saat ini mati.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments