Seekor Gajah Liar Mati Mengenaskan di Aceh

Seekor Gajah Liar Mati Mengenaskan di Aceh
Seekor gajah liar mati di Aceh. Foto: Antara Aceh/HO

Gardaanimalia.com – Pada Selasa (12/1/2021), warga menemukan seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) liar yang mati dan kondisinya sudah membusuk. Bangkai satwa itu ditemukan sekitar jam 10.00 WIB di perkebunan warga di Kampung Belang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Warga menemukan gajah mati itu ketika hendak menggiring kawanan gajah liar yang mendekati perkebunan warga. Posisinya sudah tergeletak di aliran anak sungai.

“Kondisinya (bangkai gajah) sudah bau, membengkak. Diperkirakan sudah mati tiga hingga empat hari lalu,” jelas Edi Iwansyah Putra, Camat Pintu Rime Gayo.

Edi mengatakan kemungkinan umur gajah mati itu masih remaja jika ditilik dari tapak kakinya. Untuk jenis kelaminnya kemungkinan betina karena gading tidak tumbuh pada gajah malang itu.

Baca juga: Konflik Harimau Kembali Terjadi, 5 Lembu Jadi Mangsa

Edi mengharapkan agar penguburan dapat segera dilakukan. Ia khawatir bangkai yang lokasinya di aliran sungai itu dapat mencemari air yang digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh juga sudah mendapatkan informasi ini untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut,” imbuhnya.

Terkait penyebab kematian gajah sumatera ini, Edi tidak berani berspekulasi. Lebih baik menunggu pemeriksaan dan identifikasi yang akan dilakukan oleh tim dari BKSDA Aceh.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
8 months ago

[…] Baca juga: Seekor Gajah Liar Mati Mengenaskan di Aceh […]