Sempat Dilempari Batu, BBKSDA Sumut Akhirnya Berhasil Sita Orangutan

  • Share
Sempat Dilempari Batu, BBKSDA Sumut Akhirnya Berhasil Sita Orangutan
Mobil petugas yang dilempari batu. Foto: Detik

Gardaanimalia.com – Petugas gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara dan LSM pecinta satwa sempat mengalami hal kurang menyenangkan pada saat hendak mengevakuasi seekor orangutan pada Senin (22/3/2021). Pemilik orangutan yang tinggal di kawasan Tanah Merah, Binjai Selatan, Kota Binjai, tidak mau menyerahkan satwa tersebut kepada petugas.

Petugas menggunakan cara persuasif namun sayangnya tidak berhasil. Saat meninggalkan lokasi, petugas diserang oleh sekelompok orang yang diduga anggota ormas. Mengutip dari laman CNN Indonesia, sekitar 10-11 orang menyerang petugas dengan melempari batu. Kaca-kaca mobil yang dikendarai petugas juga pecah.

Sempat Dilempari Batu, BBKSDA Sumut Akhirnya Berhasil Sita Orangutan
J Payo Sitepu, pemilik orangutan. Foto: Tribun Medan/ Dedy Kurniawan

J Payo Sitepu yang merupakan pemilik orangutan sekaligus Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Binjai mengaku tidak mengetahui siapa yang melempari petugas.

“Saya nggak tahu itu kalau anggota. Saya pun bilang kaca yang pecah nanti saya ganti. Intinya itu bukan anggota saya (anggota PP),” ungkap Payo sebagaimana dikutip dari Tribun Medan.

Baca juga: Lanal Lhokseumawe Serahkan 1 Owa Siamang ke BKSDA Aceh

Payo mengaku dirinya mengetahui bahwa orangutan yang dia pelihara adalah satwa dilindungi.

“Mereka minta penyerahan satwa orangutan di rumah saya. Jadi, saya bilang tahu itu hewan dilindungi, jadi saya mohon (waktu),” imbuh Payo.

Selebihnya Payo tidak menjelaskan mengapa ia membutuhkan waktu satu pekan untuk menyerahkan orangutan tersebut.

Kepala Bagian Tata Usaha BKSDA Sumut, Teguh Setiawan, memberikan konfirmasi bahwa orangutan di rumah Payo sudah disita oleh petugas pada Senin malam. Proses penyitaan dilakukan dengan mendapatkan pengawalan dari Reskrim dan Sabhara Polres Binjai. Selain orangutan, ditemukan tiga jenis burung dilindungi.

“Semua satwa dilindungi undang-undang di alamat itu sudah diserahkan ke kami,” imbuhnya.

BACA JUGA:
Penyelundupan Satwa Langka Dari Indonesia Berhasil Digagalkan Malaysia
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments