Berita  

Tim SAR Amankan Buaya Empat Meter Guna Hindari Konflik

Buaya empat meter yang berhasil diamankan dari Sungai Benggaulu, Mamuju Tengah. | Foto: iNews
Buaya empat meter yang berhasil diamankan dari Sungai Benggaulu, Mamuju Tengah. | Foto: iNews

Gardaanimalia.com – Seekor buaya dievakuasi setelah peristiwa tewasnya seorang perempuan di sungai Desa Benggaulu, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah.

Buaya berukuran empat meter tersebut diamankan oleh Tim SAR gabungan pada pukul 03.00 WITA dini hari di Sungai Benggaulu.

“Jam 03.00 itu ditangkap. Ada pawang dari Budong-Budong yang datang bantu juga,” kata Kepala Desa Benggaulu, Wayan Sunia, Rabu (14/12).

Reptil itu kemudian dibawa ke penangkaran buaya di Desa Babana, Kecamatan Budong-Budong, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Menurut Wayan Sunia, kejadian yang memakan korban baru pertama kali terjadi di wilayahnya. “Saya sudah dua puluh tahun tinggal di sini. Ini baru ini (kejadian pertama),” ujarnya.

Selama ini, warga yang memancing hanya melihat buaya di muara. Namun, tak pernah ditemukan di lokasi yang biasa dimanfaatkan warga untuk mandi.

“Kalau dari yang biasa mancing, katanya kalau di muara ada (buaya). Tapi di sekitaran sungai yang ditempati mandi warga itu tidak pernah. Nah, ini baru pertama ini di desa,” ungkapnya.

Atas peristiwa ini, personel Tim SAR gabungan, Muh. Fajrin mengimbau kepada warga khususnya yang bermukim di sekitar sungai untuk berhati-hati.

“Agar tidak melakukan aktivitas di sungai dan tetap waspada dengan keberadaan buaya lain yang kemungkinan masih banyak di sungai tersebut,” ucapnya, Kamis (15/12).

Hal ini mesti dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir atau menghindari kejadian serupa, kata Muh. Fajrin.

Sebelumnya, Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap jasad seorang perempuan sejak Senin (12/12/2022). Korban hilang saat mandi bersama tiga anggota keluarganya di sungai.

Setelah dua hari dilakukan pencarian, akhirnya korban ditemukan di sungai sejauh delapan kilometer dari lokasi awal, Rabu (14/12) sekira pukul 10.30 WITA.

BACA JUGA:
Hendak Diselundupkan ke Luar Sorong, Seekor Burung Langka Mati
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments