Ular Sanca Diselamatkan dari Bilik Rumah Warga

  • Share
Ilustrasi ular sanca kembang (Malayopython reticulatus). | Foto: Jeff LeClere/inaturalist.org
Ilustrasi ular sanca kembang (Malayopython reticulatus). | Foto: Jeff LeClere/inaturalist.org

Gardaanimalia.com – Seekor ular jenis sanca kembang (Malayopython reticulatus) diamankan oleh tim rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang.

Satwa tersebut ditemukan berada di rumah warga yang beralamat di Jalan MH. Thamrin, Kelurahan Ranah Parak Rumbio, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Senin (20/6).

Kepala Bidang Operasi Sarana dan Prasarana Damkar Kota Padang, Sutan Hendra mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menerima laporan dari seorang warga terkait ditemukannya seekor ular.

“Kami menerima laporan Damkar pada pukul 10.15 WIB, karena warga resah akan keberadaan ular tersebut,” ujar Sutan Hendra, dilansir dari Infosumbar¬†pada Selasa (21/6).

Ia menerangkan, bahwa warga melihat ular sanca dengan panjang kurang lebih tiga meter berada di kolong rumah dan kemudian berpindah ke kamar belakang rumahnya.

Setelah menerima laporan tersebut, pihaknya pun langsung menurunkan dua unit petugas untuk menuju lokasi kejadian pada pukul 10.16 WIB.

Kemudian, lanjut Sutan Hendra, selang waktu 14 menit dari laporan diterima, satwa liar itu akhirnya berhasil dievakuasi oleh tim.

Reptil itu kini telah berada di tempat yang aman. “Sekarang ini ular tersebut sudah kita amankan di Markas Damkar,” imbuhnya.

Adapun setelahnya, ia mengatakan bahwa pihak Damkar Kota Padang tengah menunggu pihak terkait untuk membawa ular sanca tersebut, baik dari pencinta reptil maupun Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Selanjutnya akan menunggu pihak pencinta reptil atau BKSDA untuk menjemput dan melepaskannya ke habitatnya,” tandas Sutan Hendra.

BACA JUGA:
Berada di Kabel Aliran Listrik, 1 Kukang Diselamatkan Warga
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments