Warga Bantu Lumba-lumba Hidung Botol Kembali ke Laut Lepas

  • Share
Seekor individu lumba-lumba hidung botol sedang dievakuasi oleh warga karena terdampar di pesisir Pantai Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. | Foto: Tribun Barru
Seekor individu lumba-lumba hidung botol sedang dievakuasi oleh warga karena terdampar di pesisir Pantai Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. | Foto: Tribun Barru

Gardaanimalia.com – Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) didapati seorang nelayan sedang terdampar di pesisir Pantai Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Awalnya, mamalia laut yang dikenal bersahabat dengan manusia tersebut disangka adalah sebatang kayu. Namun, anggapan itu sirna usai objek itu bergerak.

“Saat didekati bergerak-gerak dan posisinya sudah terdampar di bibir pantai. Ternyata lumba-lumba, akhirnya kami pun berinisiatif langsung berusaha mengembalikan ke pantai,” jelas Suardi Haruna, Kepala Desa Kupa.

Satwa laut dilindungi itu ditemukan oleh nelayan saat pulang melaut sekitar pukul 14.30 WITA. Setelah diketahui bahwa itu bukan sebatang kayu, melainkan seekor lumba-lumba, warga pun segera mengevakuasinya.

Masyarakat setempat yang berada di lokasi pun membantu lumba-lumba tersebut untuk kembali ke laut yang lebih dalam, lanjutnya.

“Sekitar 3 kali kami dorong ke laut, namun lumba-lumbanya kembali lagi ke pantai,” cerita Suardi yang mengaku bahwa peristiwa terdamparnya lumba-lumba di pantai Kupa itu adalah yang pertama kali terjadi.

Meskipun tidak mudah mengembalikan lumba-lumba hidung botol ke habitatnya, ujar Suardi. Namun upaya keempat yang dilakukan oleh warga akhirnya berhasil membuat mamalia laut itu berenang ke laut lepas.

Usai dievakuasi, menurut Suardi lumba-lumba hidung botol dengan panjang tubuh yang diperkirakan sekitar satu meter itu juga terlihat menunjukkan rasa terima kasih kepada warga yang telah menolongnya.

“Lumba-lumbanya pun sempat berenang mengelilingi kami. Mungkin mau mengucapkan terima kasih, lalu berenang menjauh,” kenangnya.

BACA JUGA:
Lumba-Lumba Hidung Botol Ditemukan Mati Membusuk di Jembrana
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments