Berita  

Bangkai Duyung Seberat 140 Kilogram Terdampar di Pantai Pulau Bungkuk

Bangkai Duyung Seberat 140 Kilogram Terdampar di Pantai Pulau Bungkuk
Duyung (Dugong dugon) yang terdampar di Riau. Foto: Tribunnews Pekan Baru

Gardaanimalia.com – Warga menemukan bangkai duyung (Dugong dugon) pada Minggu (7/2/2021). Bangkai tersebut terdampar di pantai Pulau Bungkuk yang berada di Kota Dumai, Riau. Pada saat ditemukan, kondisi duyung sudah membusuk.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung menuju ke lokasi penemuan. Setibanya di sana, tim melakukan pemeriksaan dan identifikasi lalu menguburkan bangkai satwa dilindungi itu.

“Berdasarkan hasil identifikasi, dugong memiliki panjang 2 meter dengan bobot tubuh seberat 140 kilogram dan lingkah perut 40 sentimeter,” jelas Heru Sutmantoro, Kapala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau.

Baca juga: Muncul di Tengah Banjir, 3 Rusa Timor Dievakuasi ke Temanggung

Tim penyelamat satwa dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menyatakan bahwa dugong tersebut kemungkinan sudah mati selama lima hari.

Dugaan sementara, mamalia laut itu kemungkinan mati karena cuaca ekstrem di mana gelombang arus sangat kuat. Heru menambahkan bahwa timnya tidak menemukan adanya luka atau sayatan pada tubuh satwa dilindungi itu.

“Kalau kita lihat, paling mungkin habitatnya ada di Rupat Utara dan bangkai dugong itu terbawa arus hingga ke pantai Dumai,” imbuhnya.

BACA JUGA:
Warga Temukan Tapir Terluka Berkeliaran di Kebun Karet
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments