BBKSDA Riau Selamatkan Bayi Beruang Madu yang Terlantar

BBKSDA Riau Selamatkan Bayi Beruang Madu yang Terlantar
Bayi beruang madu yang diselamatkan. Foto: Dok. BBKSDA Riau

Gardaanimalia.com – Seekor bayi beruang madu (Helarctos malayanus) baru saja diselamatkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Bayi beruang ini ditemukan di lokasi kerja sebuah perusahaan di Pulau Rengas, Pangean, Kuantan Singingi, Riau pada Rabu (16/12/2020). Awalnya warga yang menemukan satwa ini tidak melaporkan. Ia membawa satwa temuannya ke rumah.

Menurut keterangan Suharyono, Kepala BBKSDA Riau, ada masyarakat yang melapor melalui call center BBKSDA pada Kamis (17/12/2020) tentang unggahan seorang warga yang menggendong seekor bayi beruang madu. Setelah itu, tim melakukan pengecekan.

“Tim lebih dahulu menelusuri pemilik akun dan bisa menghubungi yang bersangkutan. Tim kami menyampaikan sosialisasi dan imbauan hingga sukarela menyerahkan,” ucap Suharyono, dikutip dari laman detik.com, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Konflik Gajah dan Manusia Meningkat, Gubernur Aceh Bentuk Tim Khusus

Setelah itu, tim menuju ke lokasi untuk mengambil satwa dilindungi tersebut. Warga yang menemukan pun dengan sukarela menyerahkan kepada petugas untuk kemudian dibawa ke klinik satwa BBKSDA Riau.

Suharyono menyampaikan bahwa satwa itu berjenis kelamin betina dan beratnya 1,65 kilogram.

“Saat ini kondisi bayi beruang madu tersebut sehat dan sementara akan dirawat dan diobservasi di klinik Satwa BBKSDA Riau,” ucapnya.

Satwa ini nantinya akan dilepas jika tim medis sudah menyatakan bahwa satwa ini siap dan mampu bertahan sendiri di alam.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
8 months ago

[…] Baca juga: BBKSDA Riau Selamatkan Bayi Beruang Madu yang Terlantar […]

trackback
8 months ago

[…] Baca juga: BBKSDA Riau Selamatkan Bayi Beruang Madu yang Terlantar […]