Catatan BKSDA Aceh: Ada 132 Konflik Satwa Liar Sepanjang 2020

Catatan BKSDA Aceh: Ada 132 Konflik Satwa Liar Sepanjang 2020
Ilustrasi gajah sumatera (elephas maximus sumatrensis). Foto: Wikipedia/Restu Berkat Gea

Gardaanimalia.com – Sepanjang tahun 2020 ini, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh setidaknya telah mencatat 132 koflik satwa liar dengan manusia. Agus Arianto, Kepala BKSDA Aceh, memaparkan bahwa hingga November 2020, ada 97 konflik gajah dan 35 konflik harimau. Konflik itu diketahui dari pengaduan masyarakat melalui call center BKSDA Aceh dan catatan upaya penanganan konflik yang telah dilakukan timnya sepanjang 2020 ini.

“Konflik satwa liar dan manusia masih terus terjadi di sejumlah wilayah seperti di Kabupaten Bener Meriah, Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Jaya dan Pidie,” katanya.

Baca juga: BBKSDA Jabar Mengevakuasi Macan Kumbang Sakit yang Dekati Pemukiman

Namun, pihak BKSDA Aceh juga mencatat hal yang cukup baik yakni terjadinya penurunan konflik satwa liar di beberapa wilayah di Aceh, antara lain di wilayah Aceh Selatan dan Aceh Tenggara. Untuk terus menekan intensitas konflik, Agus mengatakan bahwa BKSDA Aceh terus memanfaatkan peran Conservation Response Unit (CRU) untuk menggiring gajah sumatera kembali ke habitat.

Mengutip dari laman Antaranews.com, Kamis (17/12/2020), saat ini ada tujuh CRU gajah yang tersebar di beberapa wilayah di Aceh. CRU gajah itu ada di wilayah-wilayah yang cukup rawan konflik misalnya saja di wilayah DAS Peusangan di Bener Meriah, wilayah Serbajadi di Aceh Timur, wilayah Cot Girek di Aceh Utara, wilayah Sampoiniet di Aceh Jaya, wilayah Mila di Pidie, wilayah Alue Kuyun di Aceh Barat, dan wilayah Trumon di Aceh Selatan.

“CRU yang ada di wilayah itu, selama tahun 2020 ini juga memainkan peranan sangat penting dalam rangka penanganan konflik di wilayah kerja mereka,” pungkas Agus.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
9 months ago

[…] Baca juga: Catatan BKSDA Aceh: Ada 132 Konflik Satwa Liar Sepanjang 2020 […]