Menjarah
Menjarah
Menjarah
Berita

Diduga Terbawa Banjir, Seekor Trenggiling Ditemukan di Pinggir Pantai

963
×

Diduga Terbawa Banjir, Seekor Trenggiling Ditemukan di Pinggir Pantai

Share this article
Diduga Terbawa Banjir, Seekor Trenggiling Ditemukan di Pinggir Pantai
Trenggiling yang ditemukan di Jembrana. Foto: Radar Jembrana

Gardaanimalia.com – Seorang warga bernama Sanurin menemukan satu ekor trenggiling (Manis javanica) pada Rabu (19/5/2021). Melansir dari laman Radar Bali, satwa dilindungi itu ditemukan di pinggir Pantai Banjar Pesinggahan yang berada di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali.

Pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPTD KPH) Bali yang mendapatkan informasi terkait temuan hewan langka itu langsung mengamankan satwa. Sanurin juga mau menyerahkan trenggiling temuannya itu dengan sukarela kepada petugas. Satwa yang usianya kurang lebih satu tahun itu kemudian dibawa ke Kantor Resort KSDA Jembrana.

pariwara
usap untuk melanjutkan

Baca juga: 3 Buaya Muncul di Parit Bilal, Satu Ekor Sudah Ditangkap

“Kami harapkan kepedulian masyarakat, dalam melestarikan hewan yang dilindungi, meningkat,” ungkap Kepala UPTD KPH Bali Barat, Agus Sugiyanto.

Sementara itu, petugas KSDA Jembara memaparkan trenggiling itu akan segera dibawa ke kantor BKSDA Denpansar. Setelah itu, satwa itu akan dilepasliarkan di habitatnya yakni di kawasan hutan.

Terkait alasan kenapa trenggiling itu bisa ada di pantai, pihak KSDA Jembrana menduga satwa itu terbawa banjir bandang yang terjadi bulan Januari lalu. Karena tidak bisa kembali ke habitat aslinya, akhirnya satwa liar itu bertahan hidup di pinggir pantai.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments