Berita  

Gajah Sumatera di TN Tesso Nilo Melahirkan Bayi Jantan

Gajah Sumatera di TN Tesso Nilo Melahirkan Bayi Jantan
Induk dan bayi gajah sumatera. Foto: dok. Balai TN Tesso Nilo

Gardaanimalia.com – Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) jinak bernama Lisa baru saja melahirkan seekor bayi gajah jantan pada Jumat (11/12/2020). Bayi gajah ini lahir secara normal pada jam 05.00 WIB di Camp Elephant Flying Squad Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Pengukuran morfometri menunjukkan bahwa anak gajah tersebut memiliki berat 114 kilogram, panjang 110 sentimenter, tinggi 95 sentimeter, dan lingkar badan 120 sentimeter.

“Kelahiran anak gajah ini adalah hasil dari breeding antara Lisa dengan gajah liar,” ungkap Plt. Kepala TNTN, Hansen Siregar.

Gajah Sumatera di TN Tesso Nilo Melahirkan Bayi Jantan
Gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis). Foto: Dok BBKSDA Riau

Baca juga: 2 Tahun Direhabilitasi, 2 Kucing Emas Korban Perdagangan Dilepasliarkan

Bayi gajah jantan ini menjadi anak keempat yang dilahirkan oleh Lisa selama berada di kawasan TNTN. Gajah ini pertama kali melahirkan pada tahun 2007, lalu melahirkan lagi pada 2007, 2016, dan 2020. Hansen Siregar mengatakan bahwa Lisa merupakan gajah sumatera betina hasil evakuasi dari daerah Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu pada tahun 1997. Saat ini usianya 33 tahun.

“Gajah Lisa diperoleh dari konflik 1997 di Peranap. Waktu itu usianya 10 tahun dan dievakuasi ke Minas kemudian terbentung TNTN dan kita pindahkan,” jelasnya.

Kelahiran bayi gajah ini menambah populasi gajah sumatera di kawasan TNTN. Totalnya saat ini ada sembilan gajah sumatera jinak dengan rincian empat ekor gajah dewasa, dua ekor gajah remaja, dua ekor anakan, dan satu ekor bayi gajah yang baru lahir.

BACA JUGA:
Obrak-Abrik Kebun Sawit, Afandi Khawatir Gajah Sumatera Diracun Warga
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Gajah Sumatera di TN Tesso Nilo Melahirkan Bayi Jantan […]

trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Gajah Sumatera di TN Tesso Nilo Melahirkan Bayi Jantan […]