Berita  

Kijang Muncak Masuk Kampung Warga dalam Kondisi Terluka

Kijang muncak saat diselamatkan oleh petugas di Desa Kemiri, Pacet, Kabupaten Mojokerto. | Foto: Mohammad romadoni/Surya.co.id
Kijang muncak saat diselamatkan oleh petugas di Desa Kemiri, Pacet, Kabupaten Mojokerto. | Foto: Mohammad romadoni/Surya.co.id

Gardaanimalia.com – Seekor kijang muncak berjenis kelamin jantan ditemukan di Dusun Kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Satwa yang juga dikenal dengan sebutan muncak tersebut diduga terpisah dari kelompoknya. Sehingga tersesat keluar dari hutan lindung RPH 07 kawasan Tahura Raden Suryo menuju perkampungan.

Pengendali Ekosistem Hutan/Ka RKW 09 Mojokerto BKSDA Jawa Timur, Fajar Dwi Nur Aji menyampaikan, pihaknya sudah menerima informasi tentang keberadaan muncak dari masyarakat.

Awalnya, satwa liar tersebut terlihat oleh warga dalam kondisi layaknya orang kebingungan di jalan yang terletak di Desa Kemiri, sekira pukul 05.10 WIB.

Melihat itu, masyarakat pun berinisiatif menyelamatkan muncak. Satwa sempat berlari ke arah selatan sekitar dua kilometer dan masuk kamar mandi milik warga setempat.

“Warga berupaya menyelamatkan kijang yang masuk ke kamar mandi sekira pukul 06.30 WIB dengan cara ditangkap menggunakan karung,” ujarnya, Rabu (21/9).

Saat ditemukan, satwa liar tersebut dalam keadaan mengalami luka pada bagian kakinya. “Kondisi kijang terluka di bagian kaki,” ungkap Fajar.

Dia mengatakan, saat tiba di lokasi, petugas Tahura RPH 07 Mojokerto dan BKSDA langsung mengamankan satwa bernama ilmiah Muntiacus muntjak.

Setelah dievakuasi, imbuh Fajar, kijang tangkapan warga itu rencananya direhabilitasi untuk dipulihkan lukanya. “Ada luka di bagian kaki kijang. Setelah diobati kita evakuasi untuk pemulihan,” jelas Fajar.

“Kijang ini sudah dievakuasi dan saat ini diamankan di Kantor Tahura RPH 07 Mojokerto,” ucapnya. Kemudian, satwa tersebut akan menjalani pemulihan luka di wisata bumi perkemahan Surya, Claket, Kecamatan Pacet.

BACA JUGA:
Atraksi Topeng Monyet Ganggu Perilaku Alami Satwa
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments