Berita  

Miris, Orangutan Gendong Anaknya Makan di Tumpukan Sampah

Seekor orangutan sumatera yang tengah menggendong anaknya tampak sedang memakan kulit pisang di tumpukan sampah. | Foto: Video Liputan6
Seekor orangutan sumatera yang tengah menggendong anaknya tampak sedang memakan kulit pisang di tumpukan sampah. | Foto: Video Liputan6

Gardaanimalia.com – Video viral, orangutan sumatera sedang memakan isi batok kelapa sisa pembuangan dan kulit pisang hampir busuk di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Dalam rekaman tersebut, orangutan yang tengah menggendong anaknya mengais-ngais makanan di tumpukan sampah yang berada dekat salah satu penginapan di Kecamatan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional V Bahorok, Palber Turnip mengonfirmasi kebenaran video tersebut, bahwa satwa dilindungi itu terlihat berada di tumpukan sampah.

Namun, menurut Palber, spesies orangutan terlangka tersebut tidak memakan sampah seperti plastik dan sesuatu yang berbahaya lainnya.

“Yang dimakan itu bukan plastik atau berbahaya lainnya. Makan sisa-sisa buah yang terbuang,” ungkapnya pada Sabtu (28/5) dilansir dari Tribun.

Berdasarkan penuturan Palber, lokasi tempat orangutan itu terekam bukan berada di hutan lindung, melainkan Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang mana masyarakat telah mendiami lokasi tersebut.

“Lokasi itu hutan produksi terbatas. Sudah lama dikuasai oleh masyarakat untuk tempat wisata. Masyarakat kemungkinan lupa membersihkan sampah yang ada di tempat itu, sehingga memancing orangutan datang,” jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya secara rutin terus mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di lokasi hutan lindung karena dapat membahayakan keselamatan hewan yang ada di hutan.

“Kesadaran sampah di Bukit Lawang sudah sangat bagus, ada insiden kali ini kita beri tahu kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang,” ujarnya.

Palber juga menegaskan, bahwa yang dimakan satwa langka itu bukan sampah berbahaya. “Artinya bukan sampah plastik, dan kita terus pantau kesehatan hewan-hewan yang ada di dalam itu,” ucapnya.

Induk orangutan dan anaknya memakan kelapa muda sisa pembuangan di tempat sampah. | Foto: Video Liputan6
Induk orangutan dan anaknya memakan kelapa muda sisa pembuangan di tempat sampah. | Foto: Video Liputan6

Kejadian tersebut juga mendapat atensi dari seorang pemerhati lingkungan, Rahmad Suryadi. Dia mengatakan, sangat miris dan memprihatinkan terkait adanya orangutan mencari makan di pembuangan sampah di Bukit Lawang.

BACA JUGA:
Gajah Liar Kembali Masuk Kawasan Ramai Penduduk

“Orangutan mencari makan di sampah itu hal yang miris dan harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah maupun aktivis lingkungan,” kata Rahmad.

Menurutnya, perlu tata kelola yang baik dalam mengembangkan jasa wisata lingkungan di kawasan Bukit Lawang, dan yang terpenting adalah pengelolaan pariwisata harus memperhatikan ekosistem keberlanjutan.

votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments