Seekor Buaya Rawa Memakan Sampah, PPS Alobi: Ini Tak Lazim!

  • Share
Seekor buaya rawa terlihat sedang memakan sampah dalam sebuah video viral. | Foto: Dok. Alobi Bangka
Seekor buaya rawa terlihat sedang memakan sampah dalam sebuah video viral. | Foto: Dok. Alobi Bangka

Gardaanimalia.com – Dalam sebuah video viral terekam seekor buaya rawa (Crocodylus palustris) sedang memakan sampah di antara tumpukan barang tidak terpakai yang dibuang di kawasan air dataran rendah, Kepulauan Bangka Belitung.

Satwa dilindungi tersebut diketahui muncul dari kedalaman rawa yang terletak di Desa Puput, Bangka Tengah dan kemudian menyantap sejumlah lembaran plastik yang berserak.

Langkasani, Ketua Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi Bangka Belitung mengungkapkan bahwa tindakan satwa langka itu tergolong tidak seperti biasa atau tidak lazim terjadi.

Ia menduga kejadian tak lazim tersebut salah satunya dikarenakan adanya kerusakan lingkungan dan masa musim kawin yang membuat buaya rawa itu lebih agresif.

“Kami berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk meninjau lokasi dan mungkin bisa (kami) evakuasi,” ujar Langkasani, Rabu (5/1) dikutip dari Tribunnews Papua.

Sebuah video yang merekam satwa dilindungi tersebut pertama kali dibagikan oleh seorang warga bernama Asrullah Aldani. Kemudian, PPS Alobi juga turut membagikan peristiwa tak biasa seekor satwa langka memakan sampah itu di akun instagram mereka yaitu Alobi Wildlife.

Selain itu, Langkasani menyampaikan bahwa saat ini penangkaran PPS Alobi di Air Jangkang, Bangka tengah menampung lebih dari 30 ekor buaya.

Di mana, jelasnya, sebagian besar satwa-satwa tersebut dievakuasi karena beberapa kasus di antaranya masuk permukiman warga atau acap berselisihan dengan nelayan.

Untuk itu, ia pun mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena menurutnya, sampah berpotensi menjadi pencemar bagi lingkungan dan akibat lainnya ialah bisa termakan oleh satwa liar.

Langkasani juga meminta warga untuk berhati-hati ketika sedang beraktibitas di kawasan rawa sebab keberadaan satu ekor buaya menandakan bahwa ada buaya-buaya lainnya di kawasan tersebut.

BACA JUGA:
Mengenal 4 Jenis Buaya Dilindungi yang Hidup di Indonesia

“Hati-hati saat beraktivitas di kawasan rawa,” imbuhnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments