Berita  

Seekor Harimau Sumatera Terluka Karena Terjerat Perangkap Babi

Seekor Harimau Sumatera Terluka Karena Terjerat Perangkap Babi
Harimau terjerat di Aceh. Foto: Serambinews

Gardaanimalia.com – Seekor harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) ditemukan dalam kondisi lemah dan diduga kekurangan cairan di perkebunan warga yang terletak di Gampong Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Harimau sumatera tersebut diperkirakan berusia 1-1,5 tahun.

Warga menemukan harimau tersebut terjerat perangkap babi di wilayah perkebunan warga yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Tenggara. Menurut Camat Darul Hasanah, Hayadun, tiga ekor ayam hidup telah dijadikan umpan untuk harimau sumatera tersebut. Namun, hanya satu ekor saja yang dimangsa.

Hayadun menuturkan kepada Serambinews.com, Minggu (24/1/2021), untuk sementara waktu warga dihimbau tidak pergi dalu ke kebun khususnya di Kecamatan Darul Hasanah.

Baca juga: Balai Karantinan Pertanian Lampung Menyita 2023 Burung yang Akan Diselundupkan

Terpisah, Kepala BKSDA Provinsi Aceh Agus Arianto mengatakan bahwa harimau tersebut ditemukan dalam kondisi terluka akibat jerat kaki di sebelah kanan. Petugas BKSDA bersama petugas Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, TNI, POLRI, serta pihak terkait lainnya segera berupaya melaksanakan evakuasi dan penanganan medis, setelah mendapat informasi tersebut.

Seekor Harimau Sumatera Terluka Karena Terjerat Perangkap Babi
Harimau terjerat perangkap babi. Foto: Serambinews

Kini harimau sumatera tersebut telah dievakuasi ke kantor wilayah Taman Nasional Gunung Leuser di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara guna diobservasi serta menunggu proses pemulihan terhadap luka yang tengah dialami.

“Alhamdulilah, saat ini kondisi harimau sumatera tersebut dalam kondisi sehat dan sudah mendapatkan perawatan medis,” ucap Agus seperti dikutip dari lama Antara.

Setelah kondisinya membaik, harimau tersebut akan dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya.

BACA JUGA:
Burung Kuau Raja yang Terkena Jerat, Diserahkan Warga ke Polisi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments