Berita  

Selamat dari Jerat, Gajah Togar Siap Bantu Atasi Konflik Satwa

Selamat dari Jerat, Gajah Togar Siap Bantu Atasi Konflik Satwa
Gajah Togar di Pusat Latihan Gajah Minas. Foto: Riauonline

Gardaanimalia.com – Kondisi seekor gajah (Elephas maximus) yang kakinya hampir putus karena jerat pada Oktober 2019 lalu sudah membaik. Gajah yang diberi nama Togar itu kini berada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Togar juga sudah bisa berjalan dengan baik layaknya gajah sehat lainnya.

“Berkat kegigihan tim medis, Togar sudah berangsur pulih dan menunjukkan peningkatan kesehatan,” ungkap Suharyono, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Suharyono menyampaikan meski kondisinya sudah berangsur membaik, gajah Togar tidak dapat dilepaskan kembali ke alam karena sudah lama terpisah dari kawanannya. Dikhawatirkan gajah ini akan kesulitan untuk bertahan di alam. Namun, rencananya gajah jantan yang usianya sekarang kurang lebih 18 bulan ini akan mengambil peran dalam mengurangi konflik gajah dengan manusia di kawasan Riau.

Baca juga: Diduga Terjerat, Seekor Tapir Mati dengan Kondisi Mengenaskan

“Kondisi Togar sehat, sudah kita latih untuk menggiring dan seterusnya, dan perkembangan Togar cukup baik dan sudah lincah,” jelas Suharyono.

Suharyono menambahkan bahwa gajah ini sangat lincah dan mudah berinteraksi dengan manusia.

Togar Ditemukan dalam Keadaan Luka Parah

Selamat dari Jerat, Gajah Togar Siap Bantu Atasi Konflik Satwa
Gajah Togar saat dievakuasi. Foto: Liputan6.com/M Syukur

Gajah lincah ini awalnya diselamatkan oleh tim BBKSDA Riau pada bulan Oktober tahun 2019. Saat ditemukan di Distrik Melibur, Desa Lubuk Umbut, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Togar terluka parah. Kaki kiri depannya hampir putus karena jerat baja.

Proses evakuasinya pun cukup sulit karena Togar berada di dalam sungai dalam keadaan jerat menempel di kakinya. Dengan bantuan gajah jinak, Togar akhirnya dapat digiring keluar dari air.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tim medis memutuskan untuk merawat anak gajah yang masih sangat muda itu. Tim medis menilai kalau lukanya terlalu parah dan tidak bisa sembuh sendiri jika dilepaskan di alam.

BACA JUGA:
Temukan Bangkai Penyu Hijau, Nelayan Sempat Ingin Memanfaatkan Minyaknya
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Selamat dari Jerat, Gajah Togar Siap Bantu Atasi Konflik Satwa […]