Selundupkan Ribuan Burung ke Pulau Jawa, 2 Pelaku Ditangkap

  • Share
Selundupkan Ribuan Burung ke Pulau Jawa, 2 Pelaku Ditangkap
Penyelundupan 2.044 burung dari Pekanbaru. Foto: Kupastuntas.co

Gardaanimalia.com – Dua pelaku penyelundupan burung berhasil ditangkap saat melintas di pintu keluar Tol Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung pada Senin (06/09/2021) dini hari. Penangkapan ini merupakan hasil kerjasama antara Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Bengkulu dengan Polda Lampung juga Flight Protecting Birds. Pelaku penyelundupan kini diperiksa di Mapolda Lampung.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Lampung, Hifzon Zawahiri, menjelaskan terdapat sekitar 2.440 ekor burung yang diselundupkan. Jenis burung yang menjadi barang bukti antara lain 20 ekor poksai mandarin, 520 ekor jalak kerbau, 315 ekor kolibri ninja, 10 ekor murai mancur, 150 ekor gelatik batu, 20 ekor platuk bawang, 1.350 ekor ciblek, 45 ekor kepodang, dan 10 ekor siri-siri.

Penyelundupan dilakukan dengan menempatkan burung pada kotak buah yang diangkut menggunakan mobil pick up. Diketahui ribuan burung tersebut akan dikirim kota Tanggerang dari Pekanbaru, Riau, menggunakan minibus.

Baca juga: Jenis Ikan Arwana yang Tidak Boleh Dipelihara

“Rencananya pelepasan satwa akan dilakukan di Tahura yang merupakan hasil kerjasama dengan Polda Lampung dan pihak-pihak lainnya” tambah Hifzon seperti dilansir dari Kompas TV.

Pelepasanliaran ribuan burung oleh BKSDA di Taman Hutan Raya (Tahura) Lampung dilakukan guna mengantisipasi tingkat stress dan kematian burung.

Sementara itu, Kepala Satuan SJR Ditlantas Polda Lampung AKBP Sugeng Suherman Widodo memamparkan pengungkapan ini bermula dari informasi tentang adanya 1 kendaraan yang membawa ribuan burung.

“Petugas melakukan pengejaran dan mengubungi petugas gerbang tol untuk memantau. Saat sampai di gerbang Bakauheni Utara, kendaraan berhasil dihentikan,” jelasnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments