Sempat Terlibat Konflik, 1 Macan Dahan Dilepasliarkan BKSDA Sumbar

  • Share
Sempat Terlibat Konflik, 1 Macan Dahan Dilepasliarkan BKSDA Sumbar
Pelepasliaran macan dahan di Solok. Foto: BKSDA Sumbar

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melepasliarkan seekor macan dahan (Neofelis nebulosa) pada Kamis (22/7/2021) di wilayah hutan Kabupaten Solok. Mengutip dari laman Tribun Padang, satwa liar itu ditangkap oleh warga di Nagari Koto Baru Koto, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, setelah sempat berkonflik dengan beruk peliharaan warga.

Petugas BKSDA Sumbar mengevakuasi macan dahan itu pada Minggu (18/7/2021). Satwa sempat dirawat selama tiga hari di Lembaga Konservasi Kalaweit karena mengalami luka pada wajah akibat upaya penangkapan yang dilakukan warga. Setelah dokter menyatakan satwa dalam keadaan sehat, akhirnya dilakukan pelepasliaran.

Baca juga: Karantina Pertanian Banjarmasin Gagalkan Penyelundupan 240 Ekor Kolibri Ninja

“Kami berharap warga di Sumbar apabila menemukan satwa dilindungi keluar dari hutan dan berkonflik dengan warga dapat melapor ke BKSDA Sumbar,” tutur Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono.

Ardi juga mengingatkan bahwa macan dahan merupakan satwa dilindungi. Ke depannya, ia mengharapkan warga dapat hidup berdampingan dengan satwa liar dilindungi.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments