Terjebak di Kandang Ayam, Seekor Harimau Sumatera Digiring ke Hutan

Terjebak di Kandang Ayam, Seekor Harimau Sumatera Digiring ke Hutan
 Ilustrasi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Foto: Wikipedia/Tu7uh

Gardaanimalia.com – Seorang warga bernama Arianto dari Gampong Lhok Ketapang, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, melaporkan seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) terjebak di kandang ayam. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (15/1/2021) jam 02.40 WIB. Posisi kandang ayam itu kurang lebih hanya lima meter dari rumah warga. Ia kemudian memberi tahu warga lainnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Aceh Selatan melalui Pos Damkar-PB 01 Tapak Tuan yang mendapatkan laporan segera mendatangi lokasi bersama dengan BKSDA, TNI, dan Polri. Namun, setibanya di lokasi, harimau tersebut ternyata sudah terlepas dari kandang ayam.

Baca juga: Beruang Madu Korban Penganiayaan Direhabilitasi BKSDA Jambi

“Kita sedang bersama-sama dengan tim taman nasional, masyarakat dan instansi terkait lainnya melakukan pengawasan dan penggiringan terhadap harimau sumatera agar bisa kembali ke habitatnya,” ujar Agus Arianto, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh seperti dikutip dari Serambinews.

Agus menambahkan bahwa jika dilihat dari tapaknya, harimau tersebut sudah berjalan ke hutan. Oleh karena itu, untuk sementara pawang harimau belum diturunkan.

“Sejauh ini masih sebatas pengawasan dan penggiringan bersama masyarakat dulu,” katanya.

Pihak BKSDA juga terus mengimbau agar masyarakat terus melakukan koordinasi untuk memastikan harimau sumatera itu sudah kembali ke habitatnya.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
8 months ago

[…] Baca juga: Terjebak di Kandang Ayam, Seekor Harimau Sumatera Digiring ke Hutan […]