Terjebak di Karamba Udang, Seekor Buaya Diserahkan ke BKSDA Sulteng

  • Share
Terjebak di Karamba Udang, Seekor Buaya Diserahkan ke BKSDA Sulteng
Penyerahan buaya ke BKSDA Sulteng. Foto: PaluPoso/Rian

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah menerima serahan berupa seekor buaya muara (Crocodylus porosus). Kepala Dinas Damkar Palu Sudaryono, Senin (4/1/2021), menyatakan penyerahan satwa dilindungi kepada BKSDA sudah dilakukan pada Minggu (3/1/2021) sekitar jam 11.00 WITA.

Pihak Damkar sendiri mendapatkan buaya itu dari seorang nelayan bernama Burhan. Mengutip dari laman Palu Poso, nelayan menangkap predator itu pada hari Sabtu (2/1/2021) malam di sekitar Pantai Talise, Teluk Palu, Sulawesi Tengah. Burhan mendapati buaya itu masuk dalam karamba udangnya. Awalnya ia mengira itu adalah ikan kerapu.

“Pada saat saya mau mengambil udang, saya kira itu ikan Kerapu (Sunu), ternyata bukan, dia (Buaya) buka mulutnya, hampir kena tanganku,” ceritanya.

Terjebak di Karamba Udang, Seekor Buaya Diserahkan ke BKSDA Sulteng
Buaya di Teluk Palu. Foto: PaluPoso/Rian

Setelah menyadari bahwa itu adalah buaya yang terjebak, Burhan bergegas untuk mengamankan hewan itu dan membawanya ke darat dengan alat penangkap hutan. Ia juga mengikat bagian mulut buaya.

Baca juga: Selamatkan Satwa Lewat Pendidikan Konservasi Sejak Dini

“Saya bawa dengan palo-palo (alat penangkap) udang, terus saya bawa ke pinggir, habis itu saya ikat sudah mulutnya. Kalau tidak diikat mulutnya sangat bahaya, sedangkan tadi terbuka terus mulutnya sebelum diikat,”

Jika BKSDA tidak segera mengambil buaya tersebut, Burhan awalnya berniat untuk melepaskannya sendiri. Namun, kemudian pihak damkar mengamankan buaya itu dan menyerahkannya ke BKSDA Sulteng.

Secara terpisah, Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Sulteng, Haruna menyatakan bahwa saat ini buaya sudah diamankan di penangkaran BKSDA Sulteng.

“Sudah diukur, panjangnya (buaya) 1,5 meter. Dia berjenis kelamin betina,” imbuhnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments