Terperangkap Jerat, Hiu Paus Seberat 1,5 Ton Berhasil Diselamatkan

  • Share
Terperangkap Jerat, Hiu Paus Seberat 1,5 Ton Berhasil Diselamatkan
Hiu paus yang terjerat jaring di Lombok. Foto: KKP

Gardaanimalia.com – Petugas Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar berhasil menyelamatkan satu hiu paus (Rhincodon typus) yang terjerat jaring nelayan. Ikan yang beratnya 1,5 ton itu tidak sengaja terjerat jaring pada Kamis (17/6/2021) sekitar jam 05.00 WITA di perairan Labuhan Haji, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Setelah terbebas dari jaring, hiu paus langsung dilepaskan kembali sekitar jam 14.35 WITA.

“Hiu paus didapati dalam kondisi memprihatinkan tapi bersyukur berhasil dilepaskan dari jeratan jaring nelayan,” kata Kepala BPSPL Denpasar, Permana Yudiarso.

Yudi memaparkan perairan Labuhan Haji merupakan jalur migrasi bioata laut yang ukurannya besar. Selain hiu paus, ada lumba-lumba dan paus. Pada saat sedang migrasi, ada beberapa yang terdampar atau terjerat jaring nelayan. Termasuk yang terjadi pada pekan lalu itu.

Baca juga: 5 Burung Langka Endemik Sangihe yang Terancam Punah Karena Pertambangan

Lebih lanjut, ia menyampaikan penyelawatan biota laut dilindungi ini berhasil atas bantuan beberapa pihak. Selain BPSPL Denpasar, tim dibantu oleh PSDKP Pangkalan Benoa Satwas Lombok Timur, Cabang Dinas Kelautan Wilayah Lombok, Dinas Perikanan Kabupaten Lombok Timur, Lanal Tanjung Luar, Polsek Tanjung Luar, Koramil, dan Pokmaswas Tiger Sea. Tidak lupa juga masyarakat sekitar Pantai Ketangang Raya yang siaga membantu.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Hendra Yusran Siry mengapresiasi warga yang sigap melaporkan kejadian kepada petugas.

“Tindakan warga yang langsung melaporkan kejadian kepada petugas itu sudah sangat tepat, apalagi hiu paus merupakan salah satu biota yang statusnya sudah dilindungi secara penuh,” ucap Hendra dikutip dari Bisnis.com.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments