Berita  

Terpisah dengan Induknya, Seekor Ungko Mengalami Luka-luka

Terpisah dengan Induknya, Seekor Ungko Mengalami Luka-luka
Ungko yang diserahkan warga. Foto: Dok BKSDA Resort Bukittinggi.

Gardaanimalia.com – Seorang warga asal Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Kota Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, menyerahkan seekor ungko (Hylobates agilis) ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resort Kota Bukittinggi. Warga bernama Syafrina Bahar itu melakukan penyerahan pada Senin (4/1/2021).

Vera Ciko, Kepala Resort BKSDA Kota Bukittinggi, menyampaikan satwa langka itu ditemukan di daerah Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat secara tidak sengaja. Menurut pengakuan warga kepada BKSDA, ungko itu sudah ditemukan sejak tiga bulan lalu. Karena merasa kasian, warga membawa pulang satwa itu untuk diobati dan dirawat. Kemungkinan satwa itu terpisah dengan induknya.

Baca juga: Terjebak di Karamba Udang, Seekor Buaya Diserahkan ke BKSDA Sulteng

“Kondisi satwa tersebut dalam keadaan luka-luka saat pertama kali ditemukan warga. Lukanya ada di ketiak dan leher, mungkin berkelahi dengan yang lainnya,” kata Vera seperti dikutip dari laman Langgam.id, Rabu (6/1/2021).

Vera menjelaskan ungko tersebut usianya diperkirakan 8-10 bulan. Kondisinya sudah baik dan lincah. Saat ini, ungko tersebut masih dititipkan di kebun binatang. Nantinya satwa ini akan dilepasliarkan jika kondisinya sudah memungkinkan dan dinilai mampu bertahan di alam.

“Namun, kalau tidak mampu akan dititipkan selamanya di kebun binatang,” pungkasnya.

BACA JUGA:
Masuk Perangkap BKSDA Resor Limapuluh Kota, 1 Macan Dahan Langsung Dilepasliarkan
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Terpisah dengan Induknya, Seekor Ungko Mengalami Luka-luka […]

trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Terpisah dengan Induknya, Seekor Ungko Mengalami Luka-luka […]