Tim Khusus Dibentuk Guna Usut Kasus Kematian Gajah Tanpa Kepala

  • Share
Tim Khusus Dibentuk Guna Usut Kasus Kematian Gajah Tanpa Kepala
Bangkai gajah tanpa kepala di Aceh. Foto: Antara Foto/Hayaturrahmah)

Gardaanimalia.com – Upaya untuk mengungkap kasus kematian seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang ditemukan tanpa kepala terus dilakukan. Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara di area perkebunan kelapa sawit di Desa Jambo Reuhat, Banda Alam, Aceh Timur, kini Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur membentuk tim khusus guna mengusut tuntas kasus kejahatan satwa ini.

Pada Selasa (13/7/2021), Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro menegaskan tim khusus ini dibentuk untuk segera menemukan pelaku. Terlebih lagi ada indikasi perburuan.

“Kuat dugaan gajah tersebut mati karena perburuan. Hal ini bisa dilihat dari kepala gajah dipenggal serta indikasi gajah ini dibunuh untuk diambil gadingnya,” jelas Eko.

Baca juga: Perdagangan Satwa Dilindungi di Pasar Burung Plered Meningkat Tajam

Sejauh ini pihak kepolisian sudah memeriksa lima orang. Kelimanya dimintai keterangan terkait kematian gajah jantan yang usianya diperkirakan 12 tahun itu. Hasil nekropsi yang dilakukan oleh tim medis dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh juga akan digunakan untuk proses penyelidikan dan penyidikan.

“Kami berkomitment mengungkap kematian gajah yang ditemukan tanpa kepala tersebut serta menangkap pelakunya dan memproses sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Berdasarkan hasil nekropsi yang telah dilakukan terhadap bangkai gajah, ditemukan adanya zat diduga racun di dalam pencernaan. Namun, untuk mengetahui penyebab kematian secara pasti, benda asing yang ada di tubuh gajah serta sampel organnya dikirim ke pusat laboratorium forensik.

Kasus kematian gajah yang kepalanya terpenggal ini bukan pertama kalinya. Pada tahun 2019, juga terjadi kasus serupa. Seekor gajah liar ditemukan di Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, dengan kondisi kepala terpotong dan gadingnya hilang.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments