Viral Karena Buntuti Pekerja, Harimau Sumatera Dievakuasi BKSDA Sumbar

  • Share
Viral Karena Buntuti Pekerja, Harimau Sumatera Dievakuasi BKSDA Sumbar
Harimau yang masuk jebakan di Pasaman Barat. Foto: Instagram/BKSDA Sumbar

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mengevakuasi seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) pada Senin (19/7/2021). Satwa liar itu masuk ke salah satu perangkap yang dipasang oleh BKSDA setelah kurang lebih satu bulan berkeliaran di area perkebunan kelapa sawit PT. Pasaman.

Mengutip keterangan tertulis BKSDA Sumbar, harimau sumatera ini sudah beberapa kali terlihat. Pada Rabu (14/7/2021), seorang pekerja merekam kemunculan satwa dilindungi ini. Dari video tersebut terlihat harimau itu mengikuti kendaraan yang digunakan oleh pekerja dari arah belakang lalu menghilang di semak-semak.

Mengetahui hal tersebut, BKSDA Sumbar langsung mendatangi lokasi guna melakukan identifikasi. Setelah itu, tiga kamera jebak dipasang di sekitar lokasi kemunculan satwa. Hasilnya, ada satu kamera yang berhasil menangkap gambar satwa loreng itu.

Baca juga: Penyelundupan Benur Senilai Rp 10,14 Miliar Digagalkan, 3 Pelaku Diamankan

“BKSDA memutuskan untuk mengevakuasi satwa dengan menggunakan dua unit kandang jebak mengingat pengusiran dan penggiringan ke dalam hutan tidak mungkin dapat dilakukan,” ungkap tim BKSDA Sumbar.

Setelah lima hari dipasang, akhirnya harimau itu masuk ke perangkap. Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, mengatakan satwa tersebut kemudian dibawa ke Taman Marga Satwa Budaya Kinantan di Bukittinggi untuk dilakukan observasi. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penanganan konflik ini.

“Terimakasih kepada Bupati Pasaman Barat, Pihak Manajemen PT. PMS, Kepolisian, tokoh adat dan masyarakat sekitar yang telah membantu upaya penanganan,” pungkasnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments