Warga Laporkan Ada Harimau di Lereng Gunung Wilis, Camera Trap Dipasang

Warga Laporkan Ada Harimau di Lereng Gunung Wilis, Camera Trap Dipasang
Pemasangan camera trap di lereng Gunung Wilis. Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

Gardaanimalia.com РBalai  Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur melalui Resort Blitar memasang camera trap di lereng Gunung Wilis, Jawa Timur. Pemasangan ini dilakukan setelah adanya laporan dari warga tentang keberadaan satwa yang diduga harimau berkeliaran di area lereng Gunung Wilis.

“Rencananya ada tujuh unit camera trap yang dipasang. Namun, hari ini sementara (dipasang) tiga unit dulu di titik-titik dimana warga menyebut sempat berpapasan dengan binatang tersebut,” jelas Joko Dwiyono, Kepala Resort Konservasi Wilayah II Blitar seperti dikutip dari Antara.

Di tahap pertama, kamera perekam gambar yang memiliki fitur sensor gerak itu dipasang di beberapa titik di dalam Hutan Watugondong dan Tumpak Pencit, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang. Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Joko memaparkan bahwa selama tiga bulan ke depan, seluruh kamera itu akan terus dipasang. Pihaknya juga akan rutin melakukan pengecekan untuk mencari tahu jenis harimau atau satwa apa yang diduga sering berkeliaran di lereng Gunung Wilis tersebut.

Baca juga:  Pemburu Landak Jawa di Gunung Slamet Dibekuk Polisi

Tim juga sudah mengatur titik penempatan kamera. Mereka memasangnya di posisi yang agak tinggi sehingga semua benda bergerak yang melintas dapat terekam.

Joko Dwiyono masih belum bisa memastikan jenis harimau apa yang kemungkinan hidup di lokasi tersebut. Hal ini dikarenakan belum ada bukti yang jelas. Menurut Joko, timnya baru menemukan jejak kaki yang kondisinya sudah sulit dikenali. Untuk mengetahui jenisnya secara pasti, masih menunggu hasil pemantauan dari kamera trap.

“Tanpa ada bukti otentik visual yang bisa dianalisa, kamu belum berani mengataka apakah binatang yang dilihat warga ini benar harimau atau lainnya,” kata salah satu petugas yang ikut memasang kamera trap pada Senin (12/1/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Joko Dwiyono juga mengimbau agar masyarakat berhat-hati dan waspada ketika beraktivitas di dekat hutan. Ia juga meminta agar masyarakat tidak memasang jerat apapun yang mungkin bisa melukai satwa.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
8 months ago

[…] Baca juga: Warga Laporkan Ada Harimau di Lereng Gunung Wilis, Camera Trap Dipasang […]