Menjarah
Menjarah
Menjarah
Berita

BKSDA Sumbar Resor Agam Lepasliarkan 3 Satwa Serahan Warga

1014
×

BKSDA Sumbar Resor Agam Lepasliarkan 3 Satwa Serahan Warga

Share this article

BKSDA Sumbar Resor Agam Lepasliarkan 3 Satwa Serahan Warga

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Agam melepaskan tiga satwa dilindungi. Ada dua kukang (Nycticebus coucang) dan satu burung elang brontok (Nisaetus Cirrhatus). Pelepasliaran ini dilakukan pada Rabu (2/6/2021) di kawasan hutan cagar alam Maninjau yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

pariwara
usap untuk melanjutkan

Mengutip dari keterangan tertulis yang disampaikan oleh pihak BKSDA Sumbar Resor Agam, ketiga satwa langka itu sudah menjalani proses observasi dan perawatan. Ketiganya sudah dinyatakan sehat dan siap untuk dikembalikan ke habitatnya di alam.

“Satwa itu dilepaskan setelah hasil observasi menyimpulkan tidak terdapat luka, cacat, dan masih memiliki sifat liar sehingga memenuhi syarat untuk dilepaskan kembali ke alam,” tulis BKSDA Sumbar Resor Agam dalam keterangan resminya pada Kamis (4/6/2021).

Baca juga: Sempat Jadi Tontonan Warga, Seekor Orangutan Diamankan Polsek Sultan Daulat

Terkait asal satwa, pihak BKSDA Sumbar Resor Agam menyampaikan bahwa ketiganya merupakan serahan masyarakat. Dua ekor kukang tersebut merupakan serahan dari warga Jorong V Sungai Jariang, Nagari Lubuk Basung. Kukang itu awalnya ditemukan oleh warga di tiang listrik pada Kamis (20/5/2021). Kemudian, satwa diserahkan kepada BKSDA Resor Agam pada Jumat (21/5/2021).

“Satu ekor burung elang brontok adalah satwa penyerahan dari Bapak Buyung (49), warga Plasma Masang, Jorong Manggopoh Utara, Nagari Manggogoh, Kecamatan Lubuk Basung,” tambahnya.

Burung langka yang awalnya ditemukan Buyung di kebunnya ini dievakuasi oleh petugas pada Senin (31/5/2021). Dari hasil observasi diketahui burung tersebut berjenis kelamin betina dan usianya diperkirakan masih kurang dari dua tahun.

Melihat kepedulian warga yang terus meningkat terhadap upaya pelestarian satwa liar, pihak BKSDA Sumbar Resor Agam menyampaikan apresiasinya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments