Berita  

Ditemukan di Belakang Kompor Gas, Piton Sepanjang Dua Meter Dievakuasi

Proses evakuasi ular piton sepanjang dua meter oleh petugas Damkar Gresik pada Kamis (24/11). | Foto: Tribun Jatim
Proses evakuasi ular piton sepanjang dua meter oleh petugas Damkar Gresik pada Kamis (24/11). | Foto: Tribun Jatim

Gardaanimalia.com – Ular piton berwarna hijau menampakkan diri di dapur warga di Perumahan Puri Gending Asri, Kelurahan Gending, Kebomas, Gresik.

Ular dengan panjang dua meter tersebut muncul di belakang kompor gas di rumah milik Arianto, pada Kamis (24/11) pukul 19.00 WIB.

Seketika Arianto menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Gresik untuk mengamankan ular piton tersebut.

Satu tim petugas damkar berjumlah delapan orang langsung berjalan ke arah dapur dengan alat panjang yang digunakan untuk proses evakuasi binatang melata itu.

Dalam proses, satwa liar tersebut melilit alat yang digunakan petugas. Dengan bantuan petugas lainnya, ular kemudian dimasukkan ke dalam karung.

Kurang dari satu jam proses evakuasi berlangsung, ular tersebut akhirnya dibawa ke Mako untuk diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, AH Sinaga mengatakan Arianto selaku pemilik rumah tidak tahu pasti kapan dan bagaimana ular itu dapat masuk ke dalam rumah.

Sementara, Arianto mengaku merasa lega atas respon cepat petugas damkar. “Menangkap ular piton tadi cekatan. Terima kasih,” ungkapnya.

Mengapa Ular Suka Masuk Rumah Warga?

Fenomena ular masuk ke rumah warga bukan hal jarang ditemui. Terlebih ketika memasuki musim hujan.
Hal ini diungkapkan oleh Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Amir Hamidy.

Amir menerangkan, musim hujan adalah waktu ular bertelur dan mereka suka mencari tempat yang lembab. Tumpukan barang atau sudut ruangan yang gelap dan lembab bisa menjadi tempat favorit ular untuk tinggal.

Selain itu, ular juga merupakan satwa yang cukup sensitif terhadap wangi-wangian sehingga penting untuk rutin membersihkan rumah agar ular tidak bersarang di sana.

BACA JUGA:
Positif Terserang Virus, Seekor Anak Gajah di TWA Buluh Cina Mati

Biasanya, saluran air atau celah-celah rumah menjadi akses masuk bagi ular. Karena itu, pagar khusus atau pemasangan saringan air bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments