Populasinya Langka, Warga Rame-rame Sembelih Kambing Hutan Sumatera

  • Share
Populasinya Langka, Warga Rame-rame Sembelih Kambing Hutan Sumatera
Penyembelihan kambing hutan sumatera. Foto: Facebook/Napompar Tano Pusako

Gardaanimalia.com – Seekor kambing hutan sumatera (Capricornis sumatraensis) baru saja disembelih dan dikonsumsi oleh warga di Dusun Napompar, Desa Pematang, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Penyembelihan satwa langka dan dilindungi ini terungkap ketika ada sebuah akun Facebook bernama Napompar Tano Pusako yang mengunggah beberapa foto proses penyembelihan kambing hutan sumatera. Foto tersebut diunggah pada Kamis (25/3/2021).

“Kejadiannya beberapa hari yang lalu. Saat ini tim sedang turun ke lapangan untuk mengumpulkan fakta,” ungkap Seno Pramudita, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Sumut, sebagaimana dikutip dari laman Detik.

Seno mengatakan pihaknya harus mengumpulkan fakta di lapangan untyk kemudian merumuskan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya. Ia juga menambahkan bahwa selama ini masyarakat di pinggiran hutan masih tidak memahami tentang satwa dilindungi. Menurutnya, sosialiasi dan edukasi terkait satwa dilindungi termasuk sanksi hukum harus terus dilakukan secara berkesinambungan.

Baca juga: Penyelundupan 272 Burung di Pelabuhan Bakauheni Berhasil Digagalkan

Sementara, Budhi Awaludin Gultom yang merupakan Koordinator Yayasan Time Sumatera mengatakan sangat menyayangkan kejadian ini. Ia menjelaskan bahwa populasi kambing yang biasa hidup di perbuktikan di kawasan hutan Kabupaten laburan dan Tabosa ini sudah sangat sedikit.

“Saat ini populasinya sudah sangat terancam punah. Jumlahnya lebih sedikit dari harimau sumatera,” ungkapnya.

Atas kejadian penyembelihan kambing hitam sumatera ini, Budhi mengatakan akan ikut turun ke lapangan untuk membantu BBKSDA Sumut. Pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi untuk warga serta membersihkan jerat yang mungkin dipasang warga di hutan.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments